1. Buat Anggaran

Coba duduk manis, dan mulai menyusun anggaran. Hindari menunda menyusun anggaran sampai bayi lahir, karena itu artinya kamu sudah terlambat. Hitung pendapatan dan pengeluaran. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang ya, Moms. Untuk pengeluaran, masukkan berapa yang dibutuhkan untuk kontrol kehamilan selama 9 bulan, dana tidak terduga, anggaran untuk makanan dan perlengkapan kehamilan. 
 
source: https://ru.dreamstime.com

 

2. Menabung, Menabung dan Menabung

Sisakan pendataan untuk ditabung ya, Moms. Usahakan menyisihkan dana 10-30 persen untuk ditabung. Selain menabung di bank, Moms juga bisa mengumpulkan uang sisa belanja ke dalam celengan dan jangan membukanya sebelum penuh atau benar-benar diperlukan. 

Moms bisa mencoba menabung kecil-kecilan setiap minggu. Misalnya, menyisihkan dana Rp 100 ribu tiap minggu. Coba hitung kalau kamu melakukannya secara konsisten selama 1 tahun. Moms bisa menggunakan tabungan itu untuk membeli perlengkapan yang cukup mahal seperti stroller ataupun car seat saat bayi sudah lahir. Ini salah satu trik cara agar tidak boros di waktu hamil.
 
source: http://meyeucon.vn

 
baca juga

3. Hindari Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Biasanya ibu  hamil pertama kali, akan sangat excited menulis daftar perlengkapan yang akan dibeli untuk menyambut lahirnya bayi. Tapi, hati-hati Moms jangan sampai belanja berlebihan. Biasanya perlengkapan bayi yang terbeli, tidak semua digunakan bayi lho. 

Jadilah calon ibu yang cerdas. Hindari jatuh hati dengan barang-barang menarik perhatian dan mahal, namun sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebagai panduan, belilah perlengkapan seperti baju bayi 8-10 pasang, popok, boneka, selimut dan sebagainya. Meski sulit, namun menahan diri membeli barang tak dibutuhkan efektif sebagai cara agar tidak boros di waktu hamil.
 
source: https://www.parents.com

 

4. Belilah Perlengkapan Kehamilan Secukupnya Saja

Perempuan mudah banget lapar mata. Saat ke pusat perbelanjaan, hindari membeli perlengkapan maternity yang mahal dan banyak. Perlengkapan tersebut hanya akan digunakan selama beberapa bulan saja. Daripada membeli perlengkapan yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah, lebih baik beli yang harganya terjangkau. Moms juga bisa membeli perlengkapan maternity preloved yang masih layak digunakan. Ingin gratis? Coba deh pinjam perlengkapan maternity saudara sendiri. Hehe... ini juga salah satu hal mudah dan efektif dalam cara agar tidak boros di waktu hamil.
 
source: https://www.babycenter.com

Nah, itu dia beberapa cara agar tidak boros di waktu hamil, Moms. Terapkan yuk!