Posisi Terbaik Bayi untuk Dilahirkan

Salah satu faktor yang menyebabkan bayi dalam kandungan tidak bisa lahir normal adalah karena posisinya sungsang. Jika sungsang, maka dokter biasanya akan mengambil opsi induksi ataupun persalinan sesar. Sementara posisi bayi yang baik dan bisa dilahirkan normal yaitu berada dalam posisi head-down atau kepala berada di bawah (cephalic presentation), dengan bagian belakang kepala mengarah ke perut ibu atau disebut posisi anterior. 

Posisi bayi dengan kepala berada di atas atau bottom-down disebut sungsang. Posisi sungsang membuat proses kelahirkan lebih sulit. Ada pula posisi di mana kepala berada di bawah (head-down), namun bagian belakang kepala bayi mengarah ke punggung atau disebut occipito-posterior position.
 
source: https://steemit.com

 

Manfaat Posisi Anterior

Apabila bayi dalam kandungan sudah berada posisi ideal untuk dilahirkan atau posisi anterior, manfaat yang dirasakan di antaranya: 
  • Ibu melahirkan tanpa perlu diinduksi ataupun dioperasi sesar. 
  • Proses persalinan dan kelahiran lebih cepat dan lebih mudah.
  • Ibu akan merasa lebih sedikit rasa sakit. 
source: https://babyclub.asda.com

 
baca juga

Cara Membantu Bayi ke Posisi Anterior

Menurut beberapa ahli, ada beberapa cara untuk membantu bayi ke posisi anterior atau posisi terbaik untuk dilahirkan. Beberapa cara itu di antaranya: 
  • Melakukan latihan hand and knees selama 10 menit, dua kali sehari. 
  • Ketika duduk, miringkan panggul ke depan bukan ke belakang. Pastikan posisi lutut lebih rendah dari pinggul. 
  • Pastikan sofa atau kursi tidak membuat bagian pantat turun dan lutut lebih tinggi saat duduk. Apabila bentuk kursi sudah demikian, letakkan bantal dan duduk di atasnya. 
  • Hindari terlalu banyak duduk. Apabila pekerjaan menuntut duduk terlalu lama, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan, misalnya setiap satu jam sekali. 
  • Duduklah di atas birth ball. Pastikan duduk dengan pinggul lebih tinggi dari lutut. 
source: https://id.pinterest.com

Nah, itu dia posisi bayi dalam kandungan agar mudah dilahirkan secara normal, Moms. Selama kehamilan lakukan hal-hal yang membantu bayi menuju ke posisi terbaik itu ya!