1. Meditasi Pikiran

Menurut penelitian dari University of California, Amerika Serikat, ternyata jika ibu mengalami stres, bayi akan ikut merasa tidak tenang. Makanya, bayi biasanya akan rewel ketika ibunya tengah uring-uringan. Nah, untuk mencegah stres coba lakukan meditasi pikiran atau afirmasi positif. Jika kamu mengatur pikiran dengan baik, niscaya perasaan tenang akan meningkat. Cara mengatur pikiran cukup sederhana Moms, misalnya menerima kondisimu sekarang yang sudah memiliki tanggung jawab yaitu merawat bayi, tidak menuntut diri menjadi ibu yang sempurna, mengingat kembali proses perjuangan dan persalinan yang tidak mudah dan bersyukur kamu dikaruniai seorang bayi, yang tidak semua orangtua bisa mendapatkannya. 
 
source: https://www.safetykart.com

 

2. Meditasi Napas

Ketika si kecil tidur, coba curi waktu sejenak untuk melakukan meditasi napas, atau Moms bisa sekalian ikut yoga bersama dengan teman-teman. Meditasi ini sangat penting karena berperan untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain untuk meperlancar pernapasan, oksigen juga dibutuhkan untuk menenangkan pikiran dan mudah tidur di malam hari. Duduklah dengan rileks atau dalam posisi bersila. Lalu hembuskan dan hirup udara secara perlahan. Lakukan hal ini setiap hari ya, Moms! 
 
source: https://freedomgenesis.com

 
baca juga

3. Meditasi Berjalan

Meditasi tidak hanya melulu dilakukan dengan posisi bersila, melainkan bisa dilakukan dengan berjalan. Seorang ahli meditasi, Ted Meissner mengungkapkan bahawa pikiran hanya bisa fokus pada satu tugas rumit di satu waktu. Jadi, dengan memberikan perhatian penuh ke suatu hal ketika berjalan, hal tersebut mampu menghilangkan rasa stres dari kepala. Bagi ibu baru, merawat bayi merupakan pengalaman baru yang cukup rumit. Untuk menenangkan pikiran kembali, cobalah berjalan-jalan sejenak keluar rumah atau ke taman. Hal-hal yang kamu jumpai di jalan akan membuat pikiran teralihkan dari tugas berat. Pastikan berjalan-jalan di tempat tenang dan berudara segar ya, Moms! 
 
source: http://www.mommyish.com

 

4. Meditasi Visualisasi

Biasanya orang-orang kembali segar ketika melihat pemandangan alam yang serba hijau, langit biru cerah ataupun melihat laut. Saat pikiran mulai tidak tenang, cobalah melakukan meditasi visualisasi ini, Moms. Cobalah duduk sejenak di taman, ataupun di teras untuk memandang langit biru. Rasakan ketenangan dan tiupan angin sepoi-sepoi yang membuat diri menjadi lebih rileks. 
Dengan melihat objek seperti itu, akan membantu Moms menurunkan kadar kecemasan maupun stres. 
 
source: https://madebyvoz.com

Nah, itu dia beberapa bentuk meditasi yang bisa kamu coba Moms. Good luck!