Berdasarkan penelitian yang dilakukan Oxford University, hasil kedekatan ayah menunjukkan bahwa keberhasilan akademis seorang anak di sekolah sangat erat kaitannya antara kedekatan anak dengan ayahnya. Menurut Dr. Kyle Pruett Professor of Child Psychiatry ini menjelaskan bahwa dampak positif tersebut, yaitu mencakup perkembangan fisik, emosi, kognitif dan kebiasaan atau sikap anak. Tidak dapat kita pungkiri, bahwa kenyamanan dari sosok seorang ibu memang yang paling dicari oleh setiap anak, tapi interaksi intensif dengan sang ayah sangat dibutuhkan dan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya

source: http://www.dailymoslem.com/

Father Involvement Research Alliace dalam studi terbarunya menemukan petunjuk bahwa anak yang dekat dengan ayah, emosinya cenderung stabil lho Moms. Bahkan lebih memiliki rasa percaya diri saat Ia beranjak dewasa dibandingkan mereka yang tidak dekat dengan ayahnya. Maka, tak heran jika anak lebih bersemangat dalam menggali potensi dari dalam dirinya dan siap mewujudkan ide hingga impian, juga memiliki banyak teman karena dianggap menyenangkan.

Nah, jika memang kedekatan ayah dan anak sangat penting, yang harus dilakukan oleh seorang ayah, adalah:

Membimbing anak saat belajar

source: https://family.fimela.com/

Dalam mendampingi anak saat belajar, pola didik ayah dan ibu sangatlah berbeda. Ayah lebih sabar mengarahkan bahkan mengulang kembali pelajaran di sekolah, bisa dikatakan ayah lebih bisa membangun mental si kecil, sehingga anak lebih percaya diri untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolah, apalagi jika si kecil sedang menghadapi ujian. Ayah juga lebih bisa mengemas cara belajar yang menyenangkan.

baca juga

Kreatif

source: https://cornercases.wordpress.com/

Dalam mendidik anak cara ayah mengemas metode pembelajaran haruslah kreatif, misalnya saja ayah membuat tanya jawab seperti sedang menjadi pembawa acara dalam sebuah quiz dan diakhir tanya jawab ayah bisa memberikan reward. Di sini Moms juga bisa ikut menjadi pesertanya, sehingga anak lebih bersemangat dan termotivasi untuk memberikan jawaban yang benar disetiap pertanyaannya. Bila perlu, agar anak tidak bosan, saat membimbing anak belajar, Dads dan Moms bisa berkordinasi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Nah, alangkah lebih baiknya Dads dan Moms kompak dalam pola mengasuh anak, agar kedekatannya seimbang.