Do's

Inilah yang harus Moms lakukan ketika anak melakukan GTM:

source: http://www.parenting.co.id/
Penyebab GTM di antaranya karena perilaku makan yang kurang benar. Misalnya, jadwal makan yang kurang pas, suasana makan yang kurang menyenangkan, atau makanan yang kurang pas dengan kemampuan dan selera makan anak - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI.or.id)
source: http://www.parenting.co.id/
  1. Penting sekali untuk Moms memerhatikan dan mengatur jadwal makan anak, terutama untuk baby di atas 6 bulan. Perhatikan setiap harinya kapan si kecil merasa lapar.
  2. Moms perlu membiasakan si kecil 3x makan besar dan 2x snack, tentunya di luar jadwal minum susu.
  3. Perlu Moms perhatikan durasi si kecil makan, pastikan jangan lebih dari 30 menit. Jadi, si kecil tahu dan bisa mengontrol kapan Ia harus makan dan kapan ia harus berhenti.
  4. Buat suasana makan menyenangkan dan bersemangat, dengan makan bersama Moms ataupun semua anggota keluarga, biasanya anak kecil suka mencuri perhatian yang membuatnya makan dengan lahap.
  5. Jika si kecil masih dalam usia 6-12 bulan, coba Moms berikan finger food atau biarkan agar ia bisa mengenali rasa laparnya.
  6. Biarkan anak makan sendiri, mungkin ada Moms yang sering melakukan cara ini. Biasanya cara ini cukup membantu, berikan si kecil makanan dan biarkan ia memakannya sendiri. Meski si kecil mengacaknya tapi setidaknya ada makanan yang ia makan. Intinya, berikan si kecil kepercayaan dan kebebasan.

Don'ts

Nah, sebaliknya, hindari dan jangan lakukan hal-hal berikut ini Moms!

source: https://www.merdeka.com/
  1. Jangan memaksa apalagi memarahi, karena pada dasarnya jika anak lapar, pasti anak akan rewel memberi kode untuk diberi makan. Dalam hal ini Moms harus memahami si kecil dengan baik.
  2. Pastikan Moms tidak membiasakan anak makan sambil menonton televisi ataupun bermain di luar, karena hal ini justru akan memperlama durasi makan anak, yang malah membuatnya tidak fokus menghabiskan makanannya.
  3. Biasakan untuk tidak mengiming-imingi dengan hadiah, hal ini justru akan membuat anak semakin ada alasan untuk melakukan GTM. Alangkah lebih baiknya, memberikan pujian daripada mengimingi-imingi karena akan menjadi kebiasan yang kurang baik.
Nah, itulah tau do’s dan don’ts untuk menghadapi GTM si kecil. Semangat untuk menghadapi GTM si kecil ya, Moms! Karena kalau bukan Moms, siapa lagi yang bisa?