1. Matikan Lampu

Beberapa riset mengungkapkan tidur dalam kondisi gelap dapat membuat anak mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini karena terlalu banyak paparan cahaya sesaat sebelum anak tidur dapat merusak kualitas tidur anak. Jadi, sebaiknya matikan lampu kamar sebelum tidur untuk memberikan sinyal pada tubuh anak bahwa ini adalah waktunya tidur. Dengan begitu Si kecil dapat tidur nyenyak dan fresh di pagi hari. 

source: https://www.freepik.com

2. Makan yang Cukup

Sebelum tidur pastikan anak mendapatkan makan yang pada siang hari meliputi nutrisi, gizi dan juga protein. Biasakan anak untuk teratur seperti ia harus terbiasa bahwa siang hari adalah waktu untuk makan, dan malam hari adalah waktunya tidur. Nah, dengan cara ini anak tak akan sering terbangun dalam keadaan lapar dan juga tidur tepat waktu sehingga kualitas istirahatnya tidak terganggu.  

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Suasana dan Tempat Tidur yang Nyaman

Sebelum tidur sebisa mungkin moms membersihkan tempat tidur dan nyalakan AC atau kipas angin agar ruangan kaamar terasa sejuk. Bawa si kecil ke tempat tidur lebih awal, misalnya pukul 18.30 atau 19.00. Moms bisa mengajaknya untuk membaca dongeng, mengajaknya ngobrol atau memberikan ia sebotol susu sambil mengelus-elus bagian kepalanya dengan lembut. Pastikan juga Si kecil meggunakan pakaian yang nyaman dan tidak berbahan tebal. Jika Moms menggunakan AC, cukup sediakan selimut hangat untuk Si kecil. 

source: https://www.thesleepstore.co.nz

4. Nyanyian Sebelum Tidur

Selain membacakan dongeng, moms bisa membuat anak tidur nyenyak dengan nyanyian-nyanyian sebelum tidur menenangkan anak. Pilih lagu-lagu yang tenang dan nyanyikan dengan lembut dan sambil menepuk-nepuk bagian punggung atau bokong Si kecil. Anak kecil sangat menyukai sentuhan lembut di beberapa bagian tubuhnya, sehingga membuat ia mengantuk lebih cepat. 

source: https://www.popsci.com