Soto Ayam
 

source: https://cooking.nytimes.com/


Memakan asupan bersantan secara berlebihan tentu sangatlah tidak sehat untuk tubuh. Itulah sebabnya, kamu dapat mulai mengurangi pemilihan menu makanan Lebaran yang bersantan untuk sajian Idul Fitri nanti. Pilihan menu alternatif pertama yang dapat kamu coba adalah soto ayam. Hidangan daerah yang satu ini dapat menggantikan sajian menu opor dan ketupat sayur dengan santan tinggi. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan jeruk nipis dan sambal untuk santapan yang lebih nikmat.
 


Pempek Palembang
 

source: https://masakbareng.com/


Tidak harus selalu menyajikan menu daerah asalmu. Cobalah untuk melirik beberapa menu makanan khas daerah lain untuk santapan yang lebih spesial. Untuk itu, sajian pempek Palembang dijamin akan sangat cocok untuk membuat suasana lebaran yang berbeda dan berkesan bagi semua anggota keluarga.
 

baca juga


Rawon
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=hhGP0LezAwk


Sajian makanan olahan daging bersantan juga kerap menimbulkan penyakit setelah hari raya Idul Fitri. Untuk itu, cobalah untuk memasak rawon asal Jawa Timur sebagai alternatif menu makanan Lebaran olahan daging tanpa santan. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama dengan nasi dan kerupuk untuk menambahkan kenikmatan bersantap bersama keluarga di hari raya Idul Fitri.
 


Sate Ayam
 

source: https://www.pinterest.ca/


Selanjutnya, menu makanan Lebaran lain yang juga bisa disandingkan dengan sajian ketupat lebaran tanpa tambahan santan di dalamnya adalah sate ayam. Menu ini dijamin akan disukai oleh semua anggota keluarga karena enak dan relatif praktis. Kamu juga dapat menyesuaikan jenis sate sesuai dengan kesukaan keluarga, seperti misalnya sate padang, sate madura, atau sate ayam bumbu kecap biasa.
 

baca juga


Bakso
 

source: http://www.kulinersehat.info/


Terakhir, sajian makanan Lebaran yang juga merupakan jajanan pinggir jalan khas Indonesia ini dapat menjadi pilihan tepat untuk menu makanan Lebaran yang spesial. Kamu dapat menyajikan bakso dengan beragam sajian pendamping seperti tahu, siomay, dan pangsit untuk membuatnya lebih spesial. Selain menyegarkan, bakso juga akan menjadi pilihan favorit para tamu dan keluarga setelah satu hari berkeliling dan bersilaturahim. Dijamin nikmat!