Pentingnya Pengasuhan Ayah dan Ibu

Selama ini, kamu pasti sudah sering mendengar ulasan mengenai pentingnya peran seorang ibu dalam tumbuh kembang anak. Padahal, tidak hanya ibu, para ayah juga mempunyai kewajiban yang sama untuk memerhatikan tumbuh kembang buah hatinya. Baik ayah dan ibu mempunyai kecenderungan yang berbeda satu sama lain. Inilah yang pada akhirnya membuat kedua peran ini penting untuk melengkapi kebutuhan pengasuhan untuk anak.
 

source: http://wroops.com/


Secara umum, peran ibu lebih mengarah pada interaksi verbal dengan cara yang lemah lembut, sedangkan ayah lebih melibatkan interaksi secara fisik. Keduanya yang melakukan pendekatan dengan cara berbeda ini membawa dampak penting untuk menyempurnakan pengasuhan pada tumbuh kembang anak. 
 


Peran Ayah dalam Pengasuhan dan Pendidikan Anak

Meskipun para ayah sibuk bekerja, luangkanlah waktu setelah pulang kantor atau saat sarapan pagi dan di akhir pekan untuk mengasuh dan memerhatikan si keci. Hal ini penting untuk mengajarkan anak beberapa hal, di antaranya:

Mendoroang anak untuk berani mengambil risiko

Tidak bisa dipungkiri, para ayah akan cenderung lebih mendorong anaknya dalam berani mengambil risiko. Biasanya, jika anak mengalami masalah, ayah akan mendorongnya untuk lebih berani dalam menghadapi masalahnya. Jika para ayah memberikan peran yang optimal untuk hal ini, dijamin si kecil akan menjadi lebih berani dalam mengambil kesempatan dalam hidupnya untuk meraih keinginan dan kesuksesan.

Merangsang anak untuk melakukan aktivitas fisik

Berbeda dengan cara ibu berinteraksi dengan anak, para ayah akan lebih sering melakuakn kontak fisik saat bercanda. Seperti misalnya dengan bermain bola bersama, menggendong untuk bermain pesawart terbang, dan beragam kontak fisik lainnya. Hal ini penting untuk menunjukkan pada anak betapa pentingnya menangani emosi, seperti saat terkejut, takut, dan gembira dengan bermain heboh.

Role model untuk meraih prestasi

Tidak bisa dipungkiri, kedekatan ayah dan anak akan memberikan berkontribusi besar dalam  perkembangan kognitif, motorik, bahasa, serta sosial anak. Inilah yang nantinya akan berdampak besar dalam prestasi akademik, kepercayaan diri, serta keberanian anak untuk bermimpi. Khususnya jika ayah kerap memotivasinya untuk terus berusaha dan meyakinkan dirinya akan berhasil suatu saat nanti.
 

source: https://www.parenting.com/


 

baca juga


Peran Ibu dalam Pengasuhan dan Pendidikan Anak

Kamu pasti sudah tahu bahwa ibu adalah guru pertama untuk anak-anaknya. Para ibu memiliki peran penting untuk mengajarkan nilai-nilai dasar kehidupan sejak anak dilahirkan hingga beranjak dewasa. Nah, selain itu, ada beberapa peran lain yang penting dari sosok seorang ibu untuk anaknya, di antaranya: 

Sebagai sosok pelindung

Sejak dilahirkan, ibulah orang pertama yang akan mendekap erat anak dan memberikan segala kebutuhannya. Itulah sebabnya, dalam tumbuh kembang anak ibu merupakan sosok pelindung yang dapat membuat anak merasa aman dan nyaman. Kehadiran ibu dalam pengasuhan anak akan membangun karakter anak yang lebih tenang. 

Merangsang keseimbangan mental dan emosional

Ibu yang banyak menghabiskan waktu dengan anak akan lebih meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anaknya. Biasanya para ibu dapat bermain atau berbincang untuk dapat merangsang kecerdasan kognitif si kecil. Tidak hanya itu, ibu juga akan menjadi tempat anak mencurahkan perasaannya sehingga ibu dapat lebih menanamkan nilai-nilai melalui kondisi ini.

Membiasakan anak untuk disiplin

Terakhir, ibu juga yang akan berperan dalam mendisiplinkan si kecil. Peran ibu dalam mengingatkan semua agenda dan aktivitas yang harus dilakukan sangatlah penting untuk membiasakan pola hidup anak yang teratur. 
 

source: https://www.parenting.com/


Nah, itulah beberapa perbedaan peran pengasuhan ayah dan ibu. Akan tetapi, peran tersebut terkadang berbeda dalam keluarga satu sama lain mengingat karakter orang tua yang juga berbeda. Yang pasti, jangan pernah menyepelekan peran salah satu orang tua karena keduanya sangatlah penting.