1. Kelebihan Berat Badan
Menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat dan aktif beraktivitas memang banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah agar tidak mengganggu kesuburan. Wanita yang tingkat lemak tubuhnya kelebihan berkisar 10-15 persen cenderung akan menghasilkan hormon estrogen yang berlebihan pula. Akibatnya, siklus reproduksi akan terganggu. 
 

source: https://media.healthday.com/Images/icimages/overweight_women1013.jpg

2. Kekurangan Berat Badan
Wanita yang terlalu sedikit makan hingga kekurangan berat badan juga berisiko terhadap kesuburan. Seorang wanita yang tingkat lemak tubuhnya berada pada 10-15 persen di bawah batas normal proses reproduksinya akan terganggu, bahkan bisa menimbulkan kemandulan.
 

source: http://img.en.eenaduindia.com/Article/201710271705314505_Underweight-teenagers-likely-to-have-early-menopause_SECVPF.gif
baca juga

3. Memiliki Ketidakseimbangan Hormon
Untuk memastikan hal yang satu ini memang harus periksa ke dokter. Namun keseimbangan hormon juga bisa dilihat dari siklus menstruasi. Moms sebaiknya memberikan perhatian lebih jika siklus menstruasi Moms terlalu sering, terlalu jarang, terlalu banyak, terlalu sedikit, terlalu lama, atau terlalu singkat. 
 

source: http://netdoctor.cdnds.net/15/43/980x490/landscape-1445724057-g-menstrual-cycle-88969770.jpg

4. Mengidap Penyakit Autoimun
Wanita yang mengidap penyakit autoimun cenderung sulit mengandung karena sel sperma yang masuk ke dalam tubuh diserang oleh penyakitnya sendiri sebelum sempat membuahi sel telur. Contoh dari penyakit autoimun yakni lupus, rheumatoid arthritis, dan sebagainya. Bahkan beberapa kasus juga mengikutsertakan penyakit diabetes sebagai salah satu penyebab sulit hamil.
 

source: https://allhealthpost.com/wp-content/uploads/2017/05/What-are-the-Signs-and-Symptoms-of-Lupus.jpg
baca juga

5. Efek Samping Obat-Obatan
Jika Moms mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit berat, atau obat-obatan seperti obat anti depresi, painkiller, dan sebagainya, Moms patut waspada. Obat-obatan seperti demikian dapat menimbulkan kemandulan sementara bagi penggunanya.
 

source: https://images.medicaldaily.com/sites/medicaldaily.com/files/2015/04/07/woman-taking-birth-control-pill.jpg

6. Mengonsumsi Alkohol dan Tembakau
Alkohol dan tembakau memang merupakan momok bagi Moms yang ingin dan sedang hamil. Jika Moms berencana untuk hamil, jangan ganggu tingkat kesuburan Moms dengan mengonsumsi kedua hal tersebut. Segeralah berhenti merokok dan hindari diri dari asap rokok. Begitu juga dengan mengonsumi alkohol. Segeralah hentikan kebiasaan buruk tersebut karena dapat menggangu proses pembuahan.
 

source: http://www.lagostelevision.com/wp-content/uploads/2016/09/bigstock_Beautiful_Woman_Drinking_From__35769.jpg

Nah, itulah beberapa hal yang memengaruhi kesuburan wanita. Semoga bermanfaat ya, Moms!