1. Vaksin HPV Ideal untuk Diberikan pada Anak 

Amerika Serikat merekomendasikan pemberian vaksin HPV pada anak usia 11-12 tahun, sementara Inggris menargetkan vaksin HPV untuk anak usia 12-13 tahun. Di Indonesia sendiri vaksin HPV dianjurkan untuk anak SD kelas 5 dan 6. Idealnya, vaksin HPV memang diberikan pada anak usia 9-13 tahun dengan anggapan bahwa anak usia tersebut belum aktif secara seksual.
 

source: https://cdn.cervicalcancernews.com/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_128145248.jpg

2. Vaksin HPV Diberikan Beberapa Kali Dosis

Anak di bawah usia 13 tahun sebaiknya menerima 2 dosis vaksin HPV. Sementara anak yang lebih tua, yakni usia 13-16 tahun sebaiknya menerima 3 dosis vaksin HPV. Masing-masing vaksin diberikan jarak 6 bulan.
 

source: http://healthylivingblog.org/wp-content/uploads/2017/04/ASCO-Releases-Global-Guidance-on-HPV-Vaccination-For-Cervical-Cancer-Prevention.jpg
baca juga

3. Vaksin HPV Tidak Menimbulkan Menopause Dini 

Moms tidak perlu khawatir akan adanya gosip bahwa vaksin HPV menimbulkan menopause dini. Hingga saat ini tidak ditemukan bukti apapun bahwa vaksin HPV berkaitan dengan menopause dini, atau menopause yang terjadi di bawah usia 40 tahun.
 

source: https://tranquilshores.org/wp-content/uploads/2016/09/o-SAD-WOMAN-facebook.jpg

4. Vaksin HPV Tidak Memiliki Efek Samping yang Berbahaya

Setelah melakukan vaksin HPV seseorang biasanya mengalami demam, mual, atau ruam merah yang gatal di kulit. Sebagian kecil orang juga melaporkan adanya kesulitan pernafasan hingga pingsan. Namun semua efek samping tersebut tidak berbahaya dan jarang terjadi.
 

source: http://footage.framepool.com/shotimg/qf/202168044-medical-thermometer-indecisive-doubtful-fever.jpg
baca juga

5. Tetap Perlu Melakukan Pap Smear

Anggapan sudah melakukan vaksin HPV maka tidak perlu melakukan pap smear adalah salah. Vaksin HPV tetap tidak bisa menggantikan fungsi pap smear sebagai deteksi dini ada atau tidaknya sel-sel kanker pada serviks dan vagina. Tes pap smear dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sudah berusia 21 tahun dan sudah aktif secara seksual. 
 

source: https://alibaba.kumpar.com/kumpar/image/upload/c_fill,g_face,f_jpg,q_auto,fl_progressive,fl_lossy,w_800/eqgdfvt1m7oksykewtct.jpg

6. Laki-laki Juga Baik Diberi Vaksin HPV

Umumnya vaksin HPV dianggap hanya untuk wanita. Padahal laki-laki juga bisa merasakan manfaat vaksin HPV. Seorang laki-laki yang mendapatkan vaksin HPV akan berkurang risikonya untuk terkena kutil kelamin, kanker anus, serta kanker tenggorokan. Untuk laki-laki, sebaiknya menerima vaksin HPV pada usia 26 tahun ke bawah.
 

source: http://www.ashasexualhealth.org/wp-content/uploads/2016/10/twO-dose_vaccine.jpg

Itulah beberapa fakta mengenai vakin HPV yang penting diketahui Moms dan Dads. Semoga bermanfaat ya Moms!