1. Gangguan Saluran Pernapasan
 

source: http://infobuahatiku.blogspot.com/


Saat sedang mudik, baik itu dengan transportasi udara, darat, atau laut, akan ada risiko gangguan saluran pernapasan terjadi pada anak. Hal ini dapat disebabkan karena paparan udara dingin dari AC ataupun angin jalanan. Itulah sebabnya, tidak jarang anak yang sedang mudik sangat mudah mengalami batuk, pilek, hingga asma. Untuk itu, pastikan selalu menyiapkan baju hangat dengan obat-obatan penghangat tubuh untuk si kecil. 
 


2. Gangguan Saluran Pencernaan/Diare
 

source: http://feed.merdeka.com/


Selain pernapasan, saluran pencernaan juga terancam terganggu ketika anak melakukan perjalanan mudik. Hal ini disebabkan oleh sumber makanan yang belum tentu bersih saat kamu dan keluarga mengonsumsi makanan di tempat makan pinggir jalan. Tidak hanya itu, penggunaan toilet umum juga berisiko menyebarkan kuman penyakit yang menimbulkan anak diare. Untuk itu, pastikan selalu memilih makanan yang bersih dan membawa obat sanitasi untuk membersihkan toilet umum sebelum digunakan. 
 

baca juga


3. Gangguan Kulit Karena Terbakar Matahari
 

source: https://merdeka.com/


Suasana mudik memang selalu menyenangkan. Tidak heran jika anak banyak menghabiskan waktu di luar untuk bermain. Akan tetapi, kamu harus mewaspadai risiko kulit anak terbakar matahari. Karena itu, tabir surya merupakan salah satu perlengkapan yang tidak boleh absen dalam bawaan kamu saat mudik bersama anak-anak.
 


4. Gigitan Serangga
 

source: http://style.tribunnews.com/


Jangan pernah lupa membawa lotion pereda gatal dan penghilang rasa panas. Bermain di kampung halaman berisiko membuat anak terpapar oleh sengatan serangga. Itulah sebabnya kamu harus siap sedia perlengkapan untuk mengatasi keluhan gatal, panas, hingga kulit yang meradang merah. 
 

baca juga


5. Gejala Alergi
 

source: http://www.sehatfresh.com/


Terakhir, jika si kecil memiliki riwayat alergi, kamu harus mewaspadai gejala alergi tersebut kambuh sewaktu-waktu saat mudik. Itulah sebabnya, kamu juga harus menyiapkan beragam obat-obatan untuk mengantisipasi alergi yang dapat kambuh kapan saja.