Tips Mudik Saat Hamil
Sebelum memilih transportasi yang tepat untuk digunakan saat hamil, ada baiknya Moms untuk mengetahui dulu ketentuan dasar bagi para wanita hamil yang ingin mudik, di antaranya:

  1. Ketahui usia aman kandungan. Pada dasarnya, wanita hamil boleh untuk melakukan perjalanan jauh. Akan tetapi, pertimbangkanlah usia kandunganmu. Jika masih berada dalam trimester pertama, sebaiknya hindari sebab pada usia tersebut kandungan masih sangat rentan dan kondisi fisik ibu belum fit sempurna. Hindari juga berpergian saat mendekati hari kelahiran karena kondisi tidak nyaman dapat memicu kontraksi. 
  2. Hindari perjalanan yang menguras energi. Saat hamil, ada baiknya kamu tidak banyak melakukan kegiatan berat. Jadi, upayakan transportasi yang kamu gunakan tidak membuat kamu banyak menunggu, berjalan, serta berpindah-pindah.
  3. Lakukan konsultasi pada dokter kandungan. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi agar mengetahui kondisi terkini kandunganmu. Kamu juga dapat meminta saran mengenai transportasi apa yang sekiranya aman untuk wanita hamil gunakan selama mudik.
source: http://ciricara.com/


 


Memilih Transportasi Mudik untuk Ibu Hamil
1. Transportasi Jalur Darat

Mobil Pribadi
Untuk kamu yang ingin mudik dengan mobil pribadi, pastikan kamu sudah menyiapkan posisi duduk yang nyaman selama di perjalanan. Siapkan juga segala bantal untuk bokong, punggung, pinggang, hingga leher saat tidur. 

Bus/ Kereta
Jika bus atau kereta jadi pilihan kamu, lebih disarankan untuk memilih bus dan kereta dengan kelas bisnis atau eksekutif. Kamu perlu mempertimbangkan luas dan jarak kursi bus dan kereta sehingga kenyamanan bisa tetap terjamin. Tidak hanya itu, kebersihan toilet juga sangat penting agar terhindar dari infeksi dan kuman penyakit.

Sepeda Motor
Terakhir, untuk kendaraan roda dua sebaiknya kamu hindari, pertimbangannya adalah kamu akan lebih lelah karena kondisi kendaraan yang tidak nyaman dan aman untuk wanita hamil. Selain itu, jalanan yang penuh dengan guncangan juga sangat berisiko pada kehamilan.

source: https://www.gulalives.co/


 

baca juga


2. Transportasi Jalur Udara

Pesawat Terbang
Jika kamu memilih pesawat sebagai transportasi untuk mudik di tahun ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dokter yang mengizinkan kamu untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.
  • Pastikan juga kamu sudah memasukkan semua perlengkapan dalam bagasi check-in. Hindari membawa barang ke kabin untuk mengurangi beban.
  • Upayakan duduk di dekat lorong untuk memudahkan keluar masuk saat ingin ke toilet.
  • Perbanyak minum air putih karena udara di dalam pesawat cenderung kering.
source: http://www.sehatfresh.com/


 


3. Transportasi Jalur Laut

Kapal Laut
Apabila wanita hamil berniat memilih transportasi jalur laut untuk pergi mudik, pertimbangan akan sama dengan transporasi bus dan kereta api.

  • Kebersihan toilet akan menjadi tantangan yang cukup besar bagi para ibu hamil.
  • Perbanyak makan camilan segar agar tidak mual dan muntah karena ombak laut (mabuk laut).
source: https://www.johnsonsbaby.co.id/


Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan saat memilih transportasi untuk mudik saat Lebaran nanti. Semoga bermanfaat dan semoga mudik di tahun ini lancar tanpa kendala apapun.