1. Smartphone

Di zaman sekarang, smartphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Jangan lupa membawa smartphone saat ke rumah sakit untuk melahirkan. Dengan benda kecil ini, kamu tetap bisa membuat diri rileks dengan memutar musik, ataupun menggunakan aplikasi di dalamnya untuk menghitung kontraksi sebelum melahirkan. 
 
source: https://www.freepik.es

 

2. Pakaian Ibu

Kamu pasti akan menginap di rumah sakit selama proses melahirkan. Untuk ibu melahirkan normal, setidaknya akan menginap 2-3 hari. Sementara untuk ibu melahirkan sesar akan berada di rumah sakit lebih lama yakni 3-5 hari. Jadi, jangan lupa membawa beberapa lembar pakaian yang digunakan selama di rumah sakit dan untuk pulang ke rumah. 
 
source: https://www.moonoloog.nl

 
baca juga

3. Peralatan Grooming

Sehabis melahirkan, kamu pasti ingin tetap cantik dan fresh kan. Untuk itu, masukkan beberapa peralatan grooming ke dalam tas, seperti sisir, peralatan make up secukupnya, skincare, handuk, sikat gigi, dan sebagainya. Peralatan ini sangat penting, terutama ketika Moms akan menerima kunjungan keluarga dan sahabat selama di rumah sakit. 
 
source: http://cuddlesandcontouring.blogspot.co.id

 

4. Pembalut

Item ini sangat penting, Moms. Sehabis melahirkan, ibu akan mengalami masa nifas di mana cairan keluar dari organ genital selama bebera minggu. Bawalah beberapa pembalut untuk mengatasi cairan nifas yang keluar seusai melahirkan. 
 
source: http://sheissarahjane.com.au

 
baca juga

5. Perlengkapan Bayi

Jangan hanya membawa barang-barang yang kamu butuhkan, namun juga bawa perlengkapan bayi seperti pakaian secukupnya, kain bedong, topi, kaos kaki, selimut, dan perawatan bayi. 
 
source: https://www.smababy.co.uk

 

6. Peralatan Menyusui

Saat bayi lahir, Moms akan langsung menyusui. Oleh karena itu, sertakan pula beberapa peralatan yang mendukungmu menyusui, seperti baju khusus ibu menyusui, bra menyusui, dan apron untuk membantu Moms menyusui bayi ketika banyak tamu sedang berkunjung. 
 
source: https://www.checkpregnancy.com

 

7. Camilan dan Minuman

Sebelum dan sesudah melahirkan, ibu membutuhkan energy booster berupa makanan. Bawalah beberapa camilan sehat dan mendukungmu melalui persalinan dengan baik, seperti buah-buahan, camilan sumber karbohidrat seperti ubi, biskuit. Selain itu, jangan lupa selalu membawa tumbler berisi air putih untuk diminum sewaktu-waktu ibu membutuhkannya. 
 
source: https://www.pinterest.com

Nah, itu dia beberapa peralatan penting yang wajib ada di dalam tas saat melahirkan. Semoga semua proses melahirkan Moms berjalan dengan lancar, ya!