1. Ajarkan Menggunakan Cash/Uang Tunai

Mendidik anak tentang keuangan lebih efektif dengan penggunaan uang cash dibanding kartu kredit, karena kartu kredit lebih abstrak. Biarkan anak menggengam uang koin ataupun kertas dan merasakan langsung kegunaannya. Moms bisa memberikan pendidikan keuangan dengan mengajak anak belanja ke supermarket ataupun toko mainan. Saat ingin membeli sesuatu, anak wajib menukar sejumlah uang untuk mendapatkannya. Melalui uang tunai pula, anak akan mengenal dan merasakan nilai batas pada jumah uang yang dimiliki sehingga bisa mencegahnya untuk tidak menghamburkan uang begitu saja.
 
source: https://www.news-mail.com.au

 

2. Beri Celengan yang Menarik

Celengan bermanfaat untuk mengajarkan anak menabung dan menjadi media cukup efektif untuk mengenalkan anak bahwa menyimpan uang sedikit demi sedikit akan menambah jumlahnya. Agar lebih menyenangkan, belikan anak celengan yang lebih modern atau yang terlihat lucu. Misalnya, berbunyi ketika dimasukkan uang, ataupun motif-motifnya menarik dan merupakan karakter favorit anak. Celengan yang menarik dan lucu akan membuat anak lebih bersemangat untuk menabung. 
 
source: https://homesthetics.net

 
baca juga

3. Manfaatkan Internet

Moms juga bisa memberikan pendidikan keuangan kepada anak melalui internet. Saat ini banyak situs ataupun video-video yang memberikan panduan tentang keuangan kepada anak. Agar anak tertartik dan tidak bosan, pilihlah video-video yang menarik dan memang khusus untuk anak-anak. Jika video tesebut dalam bahasa Inggris, maka Moms perlu menerjemahkannya agar anak bisa mengerti. Sambil menyelam minum air, berarti anak tak hanya mendapatkan manfaat belajar tentang uang namun juga bahasa. 
 
source: https://www.justaskgemalto.com

 

4. Bermain Game

Anak-anak selalu suka bermain game. Game juga bisa menjadi media efektif untuk mendidik anak tentang uang. Pilihan game bisa seperti monopoli, roleplay pembeli dan penjual ataupun game online di internet. Karena praktik langsung, maka anak akan bisa lebih mudah memahami tentang pendidikan keuangan. 
 
source: http://play.fisher-price.com

 
baca juga

5. Berikan Uang Saku

Supaya anak lebih memahami tentang keuangan, Moms wajib langsung memberikan uang kepadanya untuk dikelola. Berikan uang saku secukupnya kepada anak setiap hari. Ia bisa membelanjakan uang saku tersebut dan separuhnya untuk ditabung. Konsistenlah memberikan uang saku kepada anak. Uang saku juga bisa diberikan sebagai reward apabila anak telah membantu orang tua ataupun melakukan sesuatu yang baik. 
 
source: http://money.cnn.com