1. Ajarkan Anak untuk Sisihkan Uang Jajan 

Anak-anak memang paling suka jajan atau membeli mainan apa saja yang ia sukai. Apalagi jika orang tuanya memberikan uang saku lebih. Jika Moms membiarkan anak dengan sesuka hatinya membeli apapun yang ia suka, maka anak tidak akan belajar bagaimana sulitnya mencari uang. Sejak dini, sebisa mungkin biasakan buah hati untuk menyisihkan uang jajannya. Mendidik anak secara finansial seperti ini akan merangsang anak untuk menabung secara otomatis jika nanti sudah terbiasa.

source: https://www.freepik.com

2. Buatkan Anak Rekening Pribadi

Sebelum membuatkan anak rekening pribadi, pertama-tama jelaskan terlebih dahulu pada anak apa tujuan Moms membuatkannya rekening dan apa sebenarnya fungsi finansial mengatur keuangan. Jelaskan kepada anak mengenai hal-hal yang bisa mereka dapatkan dengan kerja keras dalam menabung. Anak harus tahu dengan tabungan tersebut, ia bisa mendapatkan berbagai barang yang diinginkan. Nah, dengan cara tersebut anak akan memiliki kemampuan dalam mengatur dan menggunakan uangnya. 

source: https://tempo.co
baca juga

3. Berikan Uang Saku Per Bulan atau Per Minggu 

Kebanyakan para orang tua memberikan uang saku anak mereka per hari sekaligus mengajarkan anak untuk menabung setiap harinya. Namun, cara tersebut bukan satu-satunya yang paling efektif untuk mendidik anak secara finansial dengan menabung. Ada baiknya Moms memberikan anak uang saku per bulan atau per minggu agar ia bisa mengelola uang sakunya sendiri dan belajar berhemat. Sebagai orang tua, Moms juga jangan terlalu konsumtif dan menuruti segala permintaan anak seperti membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Namun sesekali saja boleh agar anak bahagia dan tidak menganggap orang tuanya pelit. 

source: https://www.freepik.com

4. Berikan Contoh

Mendidik anak secara finansial dengan melatihnya rajin menabung, namun jika Moms sendiri tidak melakukan hal yang sama maka akan sia-sia. Oleh sebab itu, lakukan kebiasaan menabung secara bersama-sama dengan anak agar ia semangat. Karena seberapa keras pun moms mengajarinya untuk menabung, seberapa rajin pun kamu mengingatkannya untuk berhemat, si kecil cenderung mengikuti apa yang orang tua lakukan.

source: http://life979.com