1. Dimulai Dari Bangun Pagi

Mengenalkan anak disiplin waktu sejak dini merupakan hal penting yang harus diajarkan oleh para orangtua sedini mungkin. Karena apapun yang tertanam sejak kecil dari mulai perkataan dan kebiasaan akan terbawa hingga anak besar nanti. Langkah pertama dalam mendidik anak soal waktu adalah menerapkan ia untuk bangun tepat waktu. Berikan anak pengertian apa manfaat bangun pagi dan disiplin waktu setiap harinya. Awal-awal memang tidak mudah, namun jika hal ini Moms biasakan setiap hari, maka cepat atau lambat anak akan terbiasa dengan disiplin waktu. 

source: https://freepik.com

2. Berikan Hadiah atau Penghargaan 

Mendidik anak agar disiplin waktu dalam hal apapun memang tidak mudah, di mana sudah sifat anak-anak yakni susah diatur dan belum bisa mengerti apa artinya disiplin. Oleh sebab itu Moms harus melakukannya perlahan-lahan dan penuh kesabaran. Misalnya, pertama-tama berikan ia hadiah atau penghargaan jika selama satu minggu si kecil  bisa bangun tepat waktu. Sebagai contoh Moms bisa memberikan ia mainan baru atau mengajaknya jalan-jalan ke tempat wisata yang ia suka. 

source: https://freepik.com
baca juga

3. Berikan Jadwal 

Bila si kecil mulai mengenal kapan waktu ia bangun, main, atau mandi, maka ini saatnya Moms untuk mengajarkan ia membuat jadwal harian. Mendidik anak dengan waktu memang tidak mudah, karena orang dewasa pun susah sekali untuk belajar tepat waktu. Setidaknya Moms belajar mendidik anak untuk tahu kapan ia memulai dan mengakhiri sesuatu yang ia lakukan. Agar si kecil semangat reward dan punishment dapat diterapkan pada tahap ini. Akan lebih baik jika reward dan punishment pun ditentukan bersama dan reward apa yang ia inginkan bila ia memenuhi jadwal hariannya. 

source: https://freepik.com

4. Berikan Rutinitas yang Bermanfaat

Mendidik anak untuk disiplin waktu dan segala hal juga bisa dimulai dengan memberikan ia kegiatan-kegiatan bermanfaat setiap hari. Misalnya waktu belajar, les, atau mengaji.  Hal ini karena tugas dan jadwal keluarga untuk memberikan peluang bagi anak-anak belajar tanggung jawab dan disiplin diri. 

source: https://freepik.com