Penyebab Gingivitis

Gingivitis kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang berkontribusi pada peningkatan aliran darah ke jaringan gusi, sehingga membuatnya lebih sensitif, bengkak dan berdarah, terutama saat menyikat gigi. Perubahan hormon selama kehamilan mempermudah bakteri penyebab gingivitis tumbuh dan membuat jaringan gusi menjadi lebih lunak. Gingivitis dapat terjadi kapan saja. Paling banyak terjadi antara kehamilan bulan kedua dan bulan kedelapan. Biasanya gingivitis paling parah terjadi selama trimester kedua. So, hati-hati ya, Moms! 
 
source: http://babyology.com.au
Bentuk gingivitis dapat dilihat dengan jelas oleh mata. Kadang-kadang berupa benjolan merah atau sesuatu yang menonjol yang berkembang di gusi. Letaknya biasanya di dekat gigi depan atas. Gingivitis selama kehamilan juga disebut tumor yang tidak bersifat kanker ataupun menular. 
 

Bahaya Radang Gusi pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami gingivitis wajib mewaspadai agar radang tidak berubah menjadi periodontitis yaitu infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang yang menyokong gigi. Periodontitis merupakan hal serius karena menyebabkan gigi tanggal dan pembedahan. Selain itu, beberapa penelitian mengungkap bahwa ibu dengan periodontitis dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah atau preeklampsia. Hmm... cukup berbahaya kan, Moms! 
 
source: https://www.periodontal.com

 
baca juga

Tips Merawat Kesehatan Mulut Ibu Hamil

Perawatan mulut yang tepat selama kehamilan adalah cara terbaik untuk mencegah gingivitis. Beberapa perawatan yang dianjurkan antara lain:

1. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, dan sikat gigi secara perlahan dua kali sehari.
Sikat gigi berbulu halus dan gerakan menyikat lembut dapat mencegah kelebihan tekanan pada gusi yang dapat menyebabkan pendarahan. Sebaliknya, menyikat kasar akan memperburuk peradangan.

2. Jangan sembarangan memilih pasta gigi. Pilih pasta gigi anti-gingivitis dan anti-plak dua kali sehari. Selalu ingat untuk flossing gigi setiap hari.

3. Berkumurlah obat kumur anti-plak yang bebas alkohol.
 
source: http://wmsmile.com
4. Selalu berkumur setiap habis mual atau mengalami morning sickness untuk menjaga asam mempengaruhi gigi dan gusi selama kehamilan. 

5. Perbanyak asupan makanan yang mengandung kalsium, fosfor, protein, dan vitamin A, C dan D.  Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai suplemen kehamilan yang tidak berpengaruh pada kesehatan gigi dan gusi. 

7. Batasi makanan dan minuman manis agar tidak menempel pada gigi dan gusi. 

8. Yang paling penting adalah selalu memeriksakan kesehatan gigi dan gusi selama kehamilan ke dokter gigi. Jika Moms telah mengalami gingivitis, maka dokter akan memberikan solusi tepat dan aman dalam menyembuhkan radang gusi yang dialami. 

Nah, itu dia hal-hal yang perlu ibu hamil ketahui tentang pregnancy gingivitis atau radang gusi selama kehamilan. Selalu jaga kesehatan mulut agar terhindar dari penyakit ini ya, Moms!