1. Pertahankan Berat Badan yang Normal

Saat merencanakan kehamilan, penting sekali bagi kamu untuk mengontrol dan mempertahankan berat badan normal. Begitu juga saat hamil. Ketika hamil berat badan akan naik secara bertahap. Usahakan kenaikan berat badan tidak melebihi bobot normal ibu hamil pada umumnya ya, Moms. Jika terlalu gemuk ataupun obesitas, risiko mengalami komplikasi selama kehamilan akan semakin besar, termasuk preeklampsia. 
 
source: http://www.thehealthsite.com

 

2. Rutin Workout atau Olahraga

Olahraga selama kehamilan ternyata banyak manfaatnya lho, Moms. Termasuk mengurangi peradangan, membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, dan mencegah ibu hamil terkena stres. Memilih olahraga yang tepat dan sehat selama kehamilan, contohnya berenang dan yoga, akan menurunkan risiko komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

3. Perbanyak Asupan Bernutrisi dan Kurangi Garam

Agar preeklampsia tidak mengintai, maka para wanita diwajibkan mengonsumsi banyak vitamin, mineral, dan makanan kaya zat antioksidan sebelum maupun di masa-masa kehamilan. Selain itu,  sebaiknya konsumsi lebih sedikit garam dan makan banyak makanan yang kaya kalium untuk melawan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis makanan yang kaya kalium yaitu pisang dan alpukat. Perbanyak makan sayur dan buah, dan hindari makanan dengan gula yang tinggi dan makanan yang digoreng. 

 
source: https://beautyhealthtips.in

 

4. Minum Cukup Air Setiap Hari

Usahakan untuk selalu minum cukup air sesuai yang dianjurkan yaitu 8 gelas setiap hari. Minum cukup air sangat berguna untuk menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Selain itu, hindari minuman berkafein dan beralkohol. 

Minum cukup air juga akan membuat pikiran lebih berkonsentrasi dan segar, sehingga terhindar dari stres. Tahu 'kan, Moms, stres bisa memicu penyakit tidak hanya pada otak namun juga pada tubuh. Selain cukup minum, hindari stres selama hamil dengan melakukan peregangan dan banyak istirahat. 
 
source: https://www.hindustantimes.com

 
baca juga

5. Kontrol Rutim Ke Dokter

Kontrol selama kehamilan harus dilakukan secara rutin dan teratur. Kontrol ini sangat penting untuk mengetahui riwayat penyakit yang pernah kamu alami apakah dapat menggangu kehamilan atau tidak. Salah satunya yang akan dicek adalah riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat berkembang menjadi preeklampsia. Semakin sering Moms memeriksakan kehamilan ke dokter, maka semakin besar peluang untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, tak hanya preeklampsia tetapi juga diabetes gestasional dan beragam keluhan lainnya. 
 
source: http://www.miami-obgyn.com