Kebutuhan ASI untuk Bayi Prematur

Sama seperti bayi pada umumnya, ASI merupakan asupan makanan terbaik untuk dikonsumsi oleh bayi prematur. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kesiapan ASI-mu, sebab, saat seorang bayi lahir dalam keadaan prematur, tubuh sang ibu akan secara otomatis merespon dengan memproduksi ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Bahkan, ASI yang dihasilkan untuk bayi prematur sudah memiliki kandungan kalori, vitamin dan protein ekstra untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
 

source: https://res.cloudinary.com/


 


Pentingnya ASI untuk Bayi Prematur

Tidak boleh dipungkiri, kebutuhan ASI bagi bayi prematur memang sangatlah tinggi. Apalagi mengingat bayi prematur dengan sistem kekebalan tubuh yang belum matang berisiko tinggi mudah terinfeksi virus dan bakteri. Itulah sebabnya pemberian ASI untuk bayi prematur menjadi sangat penting karena ASI dapat memperkuat imunitas tubuh bayi sehingga si kecil terlindungi dari bahaya infeksi.
 

source: https://kompasiana.com/


 

baca juga


Memompa ASI untuk Bayi Prematur

Bayi prematur belum memiliki kemampuan untuk menghisap ASI dari payudara langsung seperti bayi pada umumnya. Itulah sebabnya kamu perlu memompakan ASI untuk nantinya diberikan pada bayi. Untuk memberikan ASI perah pada bayi prematus, kamu dapat menggunakan botol susu, pipet, atau sendok kecil secara perlahan.
 

source: https://www.mnn.com/


Perhatikan hal-hal berikut ini saat memberikan ASI pada bayi permatur :

  • Berikan ASI secara perlahan, sedikit demi sedikit tetapi sering.
  • Ingat bahwa ukuran lambung bayi masih sangat kecil, jadi sabar dan berhati-hatilah dalam memberikan ASI pada bayi prematur.
  • Perahlah ASI sesering mungkin, minimal 8 hingga 10 kali dalam satu hari.
  • Upayakan untuk tidak menjedakan waktu antara menyusui terlalu lama. Paling lama pastikan hanya 2 jam saat siang hari dan tidak lebih dari 5 jam saat malam hari.
youtube:SFTGKT3ZQ0M
source: https://www.youtube.com/watch?v=SFTGKT3ZQ0M
Pemberian ASI Bagi Bayi Prematur - dr. Kartika Darma Handayani S.pA | RSIA Kendangsari On The Air


Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan memberikan ASI untuk bayi prematur. Perlahan, akan tiba waktunya si kecil mulai bisa menyusu langsung pada payudara ibu. Dalam proses ini banyak bersabarlah karena akan ada proses adaptasi untuk membuat si kecil belajar menghisap payudara dengan benar.