Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa?
 

source: https://bebeclub.co.id/


Pertanyaan ini kerap muncul di kalangan para ibu muda yang sedang mengandung anak pertamanya. Untuk jawaban dari pertanyaan ini tentu adalah boleh. Secara umum, tidak ada larangan untuk para ibu hamil yang ingin berpuasa. Akan tetapi, ada beberapa kondisi khusus yang harus diperhatikan untuk menentukan apakah puasa saat hamil aman untuk dilakukan. Kondisi ini tentu berbeda antara satu ibu dengan ibu yang lain. Secara umum, keputusan ini tergantung pada kondisi kesehatan ibu, usia kandungan, sejarah perjalanan kehamilan, serta lamanya durasi puasa.
 


Risiko Puasa Saat Hamil
 

source: http://www.sehatmagz.com/


Hukum diperbolehkannya ibu hamil untuk tidak berpuasa saat Ramadhan tentu tidak sembarangan. Ini diterapkan mengingat dengan kondisi sebagian ibu hamil yang memang tidak akan sanggup untuk berpuasa dengan kondisi tubuh sedang mengandung. Terutama juga mempertimbangkan asupan gizi dan nutrisi pada janin yang berisiko membuat bayi lahir dengan berat badan kecil dan kelahiran prematur. Apalagi jika ibu melakukan ibadah puasa saat kehamilan masih berada di trimester pertama. Akan ada risiko terhambatnya perkembangan otak janin yang mengakibatkan gangguan belajar saat besar nanti.
 

baca juga

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil
 
source: http://grid.id/


Nah, jika kamu ingin mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan dengan ikut berpuasa saat hamil, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini terlebih dahulu:

  1. Lakukan konsultasi dengan dokter. Kenali kondisi tubuhmu, apakah tubuhmu dan kandunganmu siap untuk menjalani ibadah puasa? Biasanya dokter akan melihat tekanan darah, kadar gula, dan juga kondisi tumbuh kembang janin. Apabila dokter berkata bahwa kamu belum siap untuk berpuasa, jangan paksakan dan ikutilah apa kata doktermu.
  2. Persiapkan menu makanan yang sehat dan bergizi. Jika dokter memperbolehkan kamu untuk berpuasa, cobalah untuk menanyakan apa saja asupan yang harus kamu optimalkan. Tanyakan juga multivitamin yang boleh kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.
  3. Kurangi aktivitas berat dan menguras energi. Saat tidak berpuasa, para ibu hamil sangat mudah kelelahan, apalagi jika hamil? Jadi, cobalah untuk menyeleksi aktivitas yang sekiranya harus kamu tinggalkan selama berpuasa.
  4. Perbanyak minum air putih. Asupan cairan tubuh sangatlah penting untuk tumbuh kembang janin mengingat metabolisme kamu harus berjalan dengan optimal. Jadi maksimalkan konsumsi air putih sejak berbuka hingga sahur.
  5. Bulatkan niat dan teruslah berpikir positif. Terakhir, jangan pernah ragu, karena keraguan akan membawa energi negatif yang membuat tubuhmu menjadi tidak kuat. Jadi, pastikan bahwa kamu memang yakin dan bisa menjalani puasa.


Kondisi yang Membuat Ibu Hamil Tidak Boleh Puasa

Akan tetapi, jika kamu berada dalam kondisi tubuh yang kurang fit, segeralah batalkan puasa dan utamakan kondisi kesehatan diri dan janin dalam kandungan. Jika kamu mengalami hal-hal berikut ini, segera batalkan puasamu:

  1. Mual dan muntah
  2. Pusing hingga berkunang-kunang
  3. Mimisan
  4. Gejala anemia
  5. Tubuh lemas
source: http://mramagazines.com/


Jadi, kesanggupan ibu hamil untuk berpuasa sebenarnya kembali lagi pada kondisi kesehatan ibu dan janin. Jika memang tidak memungkinkan, jangan pernah memaksakan diri untuk berpuasa.