1. Protein

Banyak mengonsumsi nasi memang terkesan membuat kamu lebih kenyang dan berenergi. Padahal sumber energi yang seharusnya kamu konsumsi adalah protein. Jadi jangan heran jika protein menjadi nutrisi terpenting pertama yang harus kamu pastikan ada dan cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan energi harian kamu.
 

source: https://generationiron.com/


 


2. Serat

Berpuasa memang dapat menyehatkan organ pencernaan, tetapi semuanya akan percuma juga kamu tidak memberikan asupan serat yang cukup untuk membantu organ pencernaan dalam bekerja. Tidak hanya dalam sayur dan buah, serat juga bisa kamu peroleh dari menu-menu berkarbohidrat, seperti misalnya oatmeal dan beras merah. Serat ini akan berperan dalam memperlambat proses pencernaan sehingga dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi makanan sahur dengan kandungan serat tinggi, dijamin kamu akan semakin berenergi hingga berbuka nantinya. 
 

source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

3. Karbohidrat

Tidak boleh ketinggalan, karbohidrat juga harus ada dalam asupan menu sahur kamu. Akan tetapi, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang memiliki nutrisi tinggi dan dapat membuat kamu lebih tahan lapar. Contoh karbohidrat kompleks yang bisa kamu konsumsi adalah gandum utuh, oatmeal, atau nasi merah. Kurangi konsumsi nasi putih dan roti tawar yang dapat membuat kamu cepat lapar dan lemas.
 

source: http://www.sehatfresh.com/


 


4. Vitamin dan Kalsium

Terakhir, vitamin dan kalsium juga tidak boleh untuk kamu anggap remeh untuk dimasukkan dalm sajian menu sahur harian kamu. Berpuasa memang dapat menyehatkan organ-organ dalam tubuh, akan tetapi kamu juga harus membantunya dengan mengonsumsi banyak asupan vitamin memperlancar peredaran darah sehingga semua nutrisi yang sudah kamu konsumsi diatas dapat terserap dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Buah dan yogur dapat mejadi pilihan untuk kebutuhan dua nutrisi ini.
 

source: https://www.camelbackvending.com/


Nah, itulah beberapa nutrisi yang tidak boleh absen dalam menu makanan sahur saat bulan Ramadhan nanti. Semoga puasa kamu dan keluarga lancar, ya!