1. Ubi Jalar

Kekurangan zat besi membuat ibu hamil menjadi mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu, konsumsilah asupan yang tinggi zat besi. Salah satunya ubi jalar. Satu ubi jalar ukurang sedang mengandung sekitar 0,8 miligram zat besi. Selain itu, di dalamnya terdapat vitamin C dan mineral tembaga yang berfungsi mengikat zat besi. Mengonsumsi ubi jalar juga bermanfaat untuk perkembangan mata, tulang dan kulit bayi. Sajikan ubi jalar dengan sederhana, seperti direbus, dipanggang atau dicampurkan dengan makanan lainnya. 
 
source: https://www.cookforyourlife.org

 

2. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang menjadi sumber zat besi terbaik. Dalam satu cangkir bayam terdapat sekitar 6,4 mg zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan harian zat besi, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi bayam setiap hari. Tak ada alasan Moms tidak mengonsumsi bayam karena selain mudah didapatkan, bayam juga mudah diolah menjadi menu yang lezat. Selain direbus, bayam juga bisa dicampurkan dengan telur orak-arik untuk menu sarapan. 
 
source: https://www.abelandcole.co.uk

 
baca juga

3. Kacang-kacangan

Ngemil setiap hari dapat membantu menjaga energi ibu hamil. Salah satu cemilan yang disarankan adalah jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein dan serat untuk membantu kamu kenyang lebih lama. Selain itu di dalamnya terdapat lemak sehat dan magnesium yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh-kembang janin dalam kandungan. 
 
source: http://www.mashed.com

 

4. Mangga

Tidak sedikit ibu hamil mengalami anemia ringan, terutama di tahap-tahap akhir kehamilan, di mana tubuh bersiap untuk melahirkan dan memproduksi darah tambahan. Anemia akan membuat menjadi lelah. Nah, sebagai penyelamat dari anemia, ibu dianjurkan mengonsumsi mangga. Pemanis alami dalam mangga bermanfaat meningkatkan energi. Plus, mangga merupakan sumber folat yang sangat baik, untuk membantu mencegah bayi cacat lahir. Mangga juga kaya vitamin C, yang efektif meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. 
 
source: http://www.cookinglight.com

 
baca juga

5. Air Putih

Tubuh mudah sekali terasa lelah dan lemas ketika kekurangan cairan. Oleh karena itu, selama hamil minumlah banyak air putih. Normalnya, perempuan tidak hamil meminum paling banyak 8 gelas sehari. Untuk ibu hamil disarankan mengonsumsi lebih yaitu sekitar 11-13 gelas dalam sehari. Cairan yang masuk ke dalam tubuh juga digunakan untuk membuat cairan ketuban bayi. Jika Moms, bosan dengan air putih, maka selingin dengan mengonsumsi cairan lain seperti air kelapa, kuah sayur, jus dan sebagainya. Bila keluar rumah, selalu bawa botol air agar tidak mudah mengalami dehidrasi selama hamil. 
 
source: http://watchfit.com

Nah, itu dia 5 jenis asupan untuk menambah tenaga selama hamil. Pastikan Moms mengonsumsi semua asupan itu ya!