1. Atiqah Hasiholan

Atiqah Hasiholan adalah salah satu artis Indonesia yang memberikan ASI ekslusif kepada buah hatinya dan masih lanjut sampai sekarang di usia putrinya Salma berusia 11 bulan. Nah, selama menyusui Salma, Atiqah curhat jika cara pandangnya terhadap payudara berubah. 
"Menjadi sedih mengingat betapa banyak orang yang memandang payudara sebagi 'kelakar seksual' terlebih sebagai 'komoditi'. Saya yakin Tuhan menciptakan payudara sebagai alat untuk menggerakan roda kehidupan, dengan fungsinya membekali yang terbaik untuk kehidupan." tulisnya di akun Instagram. Wah! 

 
source: https://www.instagram.com/atiqahhasiholan/

 

2. Andien

Saat menyusui putranya Kawa pertama kali, Andien merasa tak ada masalah. Namun, setelah Kawa berusia 1 bulan, penyanyi berambut pendek ini mengalami nyeri luar biasa di payudaranya hingga memar. Ia bahkan demam, sakit kepala dan sakit di seluruh badan. Andien mengaku jika menyusui rasanya menjadi sakit sekali seperti disilet. Bahkan tidak bisa bangun dari tempat tidur sama sekali. Sempat terlintas di pikirannya kalau bayinya waktu itu lebih baik minum ASI dari cup feeder, karena merasa tidak sanggup. Untuknya keadaan itu tidak berlangsung lama. Buktinya, Andien sukses memberikan ASI kepada Kawa dan menjadi inspirasi para ibu di Indonesia. 

source: https://www.kanal247.com

 
baca juga

3. Shireen Sungkar

Pada April lalu, Shireen Sungkar melahirkan anak ketiganya Cut Shafiyyah Mecca Alfatih. Ia pun bercerita tentang pengalaman menyusui putri mungilnya itu. Shireen merasakan sakit, namun syukurnya tak sampai mengalami abses payudara. Istri Teuku Wisnu itu, kadang merasa demam tinggi. Meski demikian, ia tetap tidak menyerah menyusui. Kadang ia menyusui langsung atau memompa ASI. Ternyata tak kali ini saja, Shireen mengalami masalah dalam menyusui. Saat menyusui Hawwa, anak kedunya dulu ia mengalami mastitis. 

Hmm... semoga saja Shireen tetap lancar menyusui ya, Moms! 

source: https://www.instagram.com/shireensungkar/

 

4. Acha Septriasa

Cerita menarik datang dari Acha Septriasa yang sekarang tinggal di Australia. Selama menyusui putrinya Bridgia, Acha mendapat dukungan penuh dari sang suami Vicky Kharisma. Lewat akun Instagramnya, Acha membeberkan dukungan suami terhadapnya. 

"Yang dilakukan vicky Setiap pagi, make sure air susu ku lancar buat Bridgia, bubur kacang hijau x buah x juice x susu lactamil sudah tersedia dr jam 8 pagi di meja makan, couldnt ask for more thank you", tulis Acha. 

Duh, so sweet banget ya, Moms! Bikin iri! Hehe... 
 
source: https://breakingnews.co.id

Itulah pengalaman para artis Indonesia dalam menyusui demi ASI eksklusif. Bagaimana, kisah mereka bisa jadi inspirasi Moms untuk terus semangat menyusui ASI eksklusif, 'kan?