1. Pilih Bahan Terbaik

Untuk menyajikan MPASI bayam yang sehat, Moms harus memilih bayam yang berkualitas baik. Beli bayam segar, tidak layu, warnanya hijau gelap dan tidak terdapat banyak noda atau kotoran. Kalau Moms khawatir sayur bayam mengandung pestisida, pilihlah bayam organik. Bayam organik memang lebih mahal, namun dipastikan lebih sehat untuk bayi. 

Selain kalsium, bayam kaya akan antioksidan sehingga cocok menjadi bahan MPASI untuk bayi berusia 8-10 bulan. 
 
source: https://parentinghealthybabies.com

 

2. Cuci Bayam

Sebelum mengolah bayam menjadi MPASI sehat nan lezat, cucilah bayam terlebih dahulu. Disarankan untuk mencuci bayam dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Setelah itu, pisahkan daun dan batang. Saat membuat MPASI berupa puree bayam, kamu hanya membutuhkan bagian daunnya saja. 
 
source: https://snapguide.com

 
baca juga

3. Rebus Bayam

Langkah membuat MPASI bayam berikutnya adalah merebus bayam sampai lunak. Biasanya waktu yang digunakan untuk merebus tak sampai lebih dari 5 menit. Setelah itu, rendam bayam dengan air dingin dan bersih agar lebih cepat diolah menjadi MPASI. 
 
source: https://rubyzkitchen.wordpress.com

 

4. Membuat Puree Bayam

Daun bayam yang sudah dingin sudah siap diolah menjadi resep MPASI bayi berupa puree. Masukkan bayam ke dalam blender atau food processor, dengan menambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan. Supaya teksturnya menjadi lebih creamy, tambahkan sekitar 2 atau 3 sendok ASI ke dalam bayam yang sudah halus. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

5. Sajikan MPASI

Step terakhir adalah menyajikan MPASI bayam kepada si kecil. Bayam termasuk sayuran yang bisa dicampur dengan makanan apapun, di antaranya wortel, ubi jalar, ikan salmon, ayam dan lain-lain. Jadi, jika si kecil bosan hanya dengan memakan bayam saja, maka coba berkreasi dengan membuat MPASI bayam kombinasi. 
 
source: https://www.sarahremmer.com/wp-content/uploads/2011/10/Messy-baby.jpg
Nah, itu dia resep dan cara membuat MPASI berupa puree bayam. Selamat bereksperimen di rumah ya, Moms!