1. Reaksi pada Obat Bius

Saat dilakukan proses tubektomi, ibu akan dibius lebih dulu. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda pada obat bius di antaranya alergi. Tingkat alergi orang berbeda-beda, paling parah adalah menimbulkan masalah serius yang sulit ditangani. Ada juga orang yang sulit bernapas akibat efek obat bius. 

2. Pendarahan
Pendarahan merupakan komplikasi yang mungkin terjadi saat proses tubektomi. Pendarahan disebabkan karena perforasi atau pecahnya tuba falopi selama operasi. Pendarahan juga disebabkan karena perforasi pembuluh darah besar selama prosedur pembedahan. Hal ini terkait dengan cedera pembuluh darah di sekitar tempat operasi. Pembuluh darah yang pecah dapat mengakibatkan pendarahan yang banyak dan cukup berbahaya. 
 
source: https://www.healthline.com

 

3. Infeksi

Infeksi merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan dalam tubektomi atau KB permanen. Kalau kamu merasakan sakit perut luar biasa dan demam setelah operasi tubektomi, maka segera periksakan diri ke dokter. Diagnosis yang cepat akan sangat membantu untuk menangani infeksi. 
 
source: http://www.kosovapress.com

 
baca juga

4. Kehamilan Ektopik

Para ibu melakukan tubektomi dengan tujuan agar tidak hamil lagi. Namun, ada beberapa kasus di mana terjadi kehamilan kembali, namun hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik. Buat kamu yang sudah melakukan operasi tubektomi dan masih dalam usia subur, maka berhati-hatilah dengan kemungkinan ini. Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami ciri-ciri kehamilan padalah sudah menjalani tubektomi. 
 
source: https://mothersinsights.com

 

5. Tidak Nyaman Pasca Operasi

Namanya operasi, pasti akan menimbulkan nyeri yang terasa setelah operasi selesai. Biasanya, nyeri ini akan terasa selama beberapa hari. Untuk yang melakukan bedah tubektomi, nyeri akan terasa di bagian perut bawah apalagi ketika bergerak dan akan berpindah tepat. Berkonsultasilah dengan dokter bagaimana cara meringankan nyeri yang kamu rasakan ya, Moms! 
 
source: http://fempopculture.blogspot.co.id

Nah, itu dia beberapa efek samping tubektomi yang mungkin terjadi. Satu lagi yang perlu Moms ingat. Semakin muda usia melakukan tubektomi, semakin tinggi kemungkinan untuk gagal. Jadi pertimbangkan dengan baik sebelum melakukan KB permanen ini ya!