Pentingnya Asupan Air Putih Saat Puasa

Air putih merupakan salah satu asupan penting yang tidak boleh dianggap remeh. Minuman yang bebas kalori dan gula ini adalah pilihan minuman tersehat yang bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Bahkan, rasa haus saat puasa juga bisa terminimalisir jika Moms mengonsumsi air putih dengan benar pada jam sahur dan buka puasa. 
 

source: https://www.vebma.com/


 


Manfaat Air Putih

Meskipun tidak memiliki rasa apapun, minuman sederhana ini memiliki peran yang sangat besar untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh manusia seperti misalnya mencegah dehidrasi tubuh hingga menjaga tubuh tetap fresh. Berbeda dengan minuman jenis lain seperti soft drink yang memiliki kandungan tinggi gula dan kalori tinggi yang malah dapat berisiko pada kesehatanmu. Kopi dan teh juga sebaiknya dihindari karena dapat membuat kamu lebih sering buang air sehingga cairan dalam tubuh cepat berkurang. 
 

source: https://student.cnnindonesia.com/


 

baca juga


Jadwal Minum Air Putih Saat Bulan Puasa

Mengingat air putih sangatlah penting untuk dikonsumsi, manfaatkanlah waktu-waktu dari buka puasa hingga sahur untuk mengonsumsi sebanyak-banyaknya air putih. Hal ini penting untuk dapat mengisi ulang kebutuhan cairan tubuh harian. Jika tidak Moms dapat mengalami masalah dalam fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi darah, kerja ginjal, dan menstabilkan suhu tubuh yang normal. Apabila mengonsumsi air putih dengan teratur, maka dijamin puasa akan berjalan dengan lancar.
 

source: http://taysbakers.com/


Saat berbuka puasa hingga sahur, buatlah jadwal minum air putih dengan kuantitas tertentu untuk membuat asupan cairan terpenuhi dengan baik:

  • 1 gelas saat membatalkan puasa dengan takjil.
  • 1 gelas setelah selesai berbuka puasa
  • 1 gelas sebelum tarawih
  • 1 gelas setelah tarawih
  • 2 gelas antara tarawih dan tidur
  • 1 gelas sebelum sahur
  • 1 gelas setelah sahur


Rumus 2-4-2

Selain itu, Moms juga bisa mencoba jadwal minum air putih dengan menggunakan rumus 2-4-2. Rumus ini berarti 2 gelas dari berbuka hingga tarawih, 4 gelas setelah tarawih hingga tidur, dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi dengan baik. Rata-rata, kebutuhan air putih untuk wanita dewasa adalah 1,6 liter air. Sedangkan, pria membutuhkan setidaknya 2 liter air.
 

source: http://kopralmak.blogspot.com/


Nah, itulah tips mengatur jadwal untuk minum air putih dengan teratur agar kebutuhan cairan saat puasa dapat terpenuhi dengan baik. Moms juga bisa menyiapkan satu botol besar tempat minum dengan kapasitas 1-2 liter untuk dihabiskan dalam waktu tertentu. Dengan begitu kamu akan sadar seberapa banyak asupan air yang sudah kamu konsumsi.