Tips Menu Buka Puasa Ibu Hamil Dan Menyusui

Agar puasa kamu dapat berjalan dengan lancar, kamu harus memerhatikan tiap menu yang kamu konsumsi baik itu saat sahur dan buka puasa. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk menu buka puasa ibu hamil dan menyusui yang sehat:
  1. Perhatikan keseimbangan gizi dari menu yang disiapkan. Siapkan menu dengan nutrisi dan gizi yang lengkap, meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral dan serat. 
  2. Utamakan konsumsi karbohidrat kompleks. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks akan memerlukan waktu lama untuk dapat dicerna sehingga kamu akan lebih lama merasa lapar. Selain itu kandungan seratnya juga dapat berfungsi mencegah konstipasi.
  3. Perbanyak lauk dengan kandungan protein tinggi. Protein memiliki peran besar dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, bagi para ibu menyusui, protein ini juga yang akan memasok kebutuhan energi agar tidak mudah lesu saat menyusui.
  4. Kurangi konsumsi makanan manis. Makanan manis, khususnya yang terbuat dari pemanis buatan akan membuat ibu menjadi lebih cepat lemas. Untuk itu, konsumsi buah-buahan untuk mengganti makanan segar pencuci mulut dibandingkan dengan kue-kue manis. 
  5. Batasi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Gorengan, cake, donat, nugget, sosis, pizza, burger, daging berlemak, jeroan, dan kulit ayam perlu kamu hindari selama berpuasa. Gantilah dengan asupan makanan yang mengandung lemak baik seperti seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak ikan, varian ikan, dan keju.
  6. Tambah asupan makanan yang mengandung kalsium. Konsumsilah susu, keju, yogurt, sayuran hijau, ikan, dan menu lain yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Makanan ini dapat menyediakan asupan kalsium yang penting untuk tumbuh kembang janin.
  7. Perbanyak konsumsi air putih. Pastikan kamu menyiapkan botol minum dengan kapasitas setidaknya 1,5-2 liter untuk dihabiskan saat sahur dan buka puasa. Hindari minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik yang menyebabkan buang air kecil menjadi lebih sering. 
source: https://beautyhealthtips.in/


 


Inspirasi Resep Menu Buka Puasa Ibu Hamil dan Menyusui

Nah, sebagai referensi, kamu dapat mencoba beberapa resep untuk menu buka puasa ibu hamil yang enak dan bergizi:

Semur Bola Daging
 

youtube:6-0blZdtmyc
source: https://www.youtube.com/watch?v=6-0blZdtmyc
Resep Semur Bola Daging (Indonesian Meatball Recipe Video) | GERRY GIRIANZA


 

baca juga


Sayur Bayam
 


 


Macaroni Schotel
 

youtube:xpnNLu0oUhs
source: https://www.youtube.com/watch?v=xpnNLu0oUhs
Resep Quick and Easy Mac and Cheese | YUDA BUSTARA


 

baca juga


Kroket Kentang Isi Daging
 

youtube:ud2OZIysyDU
source: https://www.youtube.com/watch?v=ud2OZIysyDU
Resep Kroket Kentang Isi Daging | MARTIN NATADIPRAJA


 


Salad Buah
 


Nah, itulah beberapa menu makanan yang enak, sehat, dan bergizi untuk para ibu hamil yang berpuasa. Jangan lupa tambahkan kurma untuk dimakan setelah membatalkan puasa dengan air putih. Selain bagus untuk kesehatan kandungan dan memperlancar produksi ASI, mengonsumsi kurma juga merupakan sunnah, lho. Jadi, selamat berpuasa, Moms!