1. Perhatikan Asupan Gizi Saat Sahur dan Berbuka
 

source: https://kompas.com/


Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk membuat ASI tetap lancar saat puasa adalah dengan menjaga asupan gizi dalam tiap makanan dan minuman yang kamu konsumsi di saat sahur dan berbuka. Pastikan setiap menu dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, khususnya untuk memperlancar produksi ASI, seperti misalnya kurma, buah dan sayuran segar, dan varian smoothies yang mampu meningkatkan produksi ASI.
 


2. Tambahkan Jadwal Makan Setelah Tarawih
 

source: https://gelut.com/


Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan kalori yang harus dipenuhi ibu saat menyusui memang lebih banyak dibandingkan orang biasa. Itulah sebabnya, tambahkan satu lagi jadwal makan setelah tarawih agar kebutuhan kalorimu dapat terpenuhi dengan baik. Itulah sebabnya, kamu tidak perlu makan berlebihan saat berbuka puasa. Yang penting cukup dengan gizi dan nutrisi yang terjamin. Ingat, asupan yang kamu makan juga akan diserap oleh si kecil. Jadi, jangan malas untuk mengonsumsi makanan bergizi, ya!
 

baca juga


3. Jadwalkan Waktu Memompa ASI dan Menyusui Langsung
 

source: https://www.muslimahzone.id/


Tahukah kamu bahwa kebiasaan memompa ASI cukup memengaruhi produksi ASI ibu? Jarang memompa ASI tanpa disadari membuat produksi ASI ibu menjadi berkurang. Apalagi mengingat kegiatan Ramadan yang padat seperti tarawih dan menyiapkan santap sahur hingga berbuka kerap kali menyita waktu ibu untuk memompa ASI. Untuk itu, perhatikan jadwal kamu memompa ASI, jika perlu ditambah untuk mengoptimalkan produksi dan persediaan ASI untuk si kecil.
 


4. Perbanyak Asupan Putih Saat Sahur dan Berbuka
 

source: https://www.vebma.com/


Menyusui memang seringkali membuat para ibu mudah merasa haus. Itulah sebabnya kamu tidak boleh lupa untuk mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak ada salahnya menyiapkan satu botol besar berisi air putih yang kamu targetkan habis dalam saat sahur dan berbuka.
 

baca juga


5. Persiapkan Mental dengan Niat dan Doa
 

source: https://meetdoctor.com/


Terakhir, jangan lupa untuk membekali dirimu dengan meluruskan niat dan berdoa agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar meskipun dalam keadaan harus menyusui. Berpikirkan positif bahwa kamu akan mampu menjalani puasa dengan baik dan lancar. Jangan sampai merasa stress agar produksi ASI juga terjaga dengan baik.