Penyebab Diare pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, diare yang dialami oleh ibu hamil dapat terjadi karena adanya perubahan kondisi tubuh dari sang ibu sendiri. Misalnya karena perubahan kerja hormon, perubahan asupan dan pola makan, serta kondisi kesehatan ibu sendiri.
 

source: https://momtricks.com/

 

  • Perubahan hormon
    Tidak hanya dapat mengakibatkan konstipasi, perubahan hormon juga dapat membuat sistem pencernaan ibu hami bekerja lebih cepat dari biasanya. Inilah yang nantinya mengakibatkan ibu hamil menjadi diare.
  • Perubahan asupan dan pola makan
    Saat hamil, tidak jarang para ibu menjadi berlebihan dalam mengatur asupan dan pola makan. Tidak dipungkiri, hal ini juga memicu terjadinya diare pada ibu hamil. Bahkan, sebagian vitamin untuk kandungan juga ada yang mengakibatkan gangguan pencernaan.
  • Perubahan tingkat sensitivitas saluran cerna
    Saat hamil, tingkat sensitivitas saluran cerna mengalami perubahan. Inilah yang nantinya mengakibatkan saluran cerna kamu menjadi lebih peka atau sensitif terhadap makanan. Hal ini menyebabkan ibu menjadi diare.
source: https://enemakits.com.au/


 

baca juga


Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Konsultasi Dokter

Hal terpenting yang harus kamu ingat saat ingin menghentikan diare adalah, hindari konsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran. Pasalnya, obat-obatan yang dijual tanpa resep dokter sangat berisiko jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan kata lain, ibu hamil harus langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh ibu. 

Biasanya, dokter akan melakukan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab diare yang dialami ibu. Dengan begitu, obat yang akan diberikan dapat sesuai dengan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 
 

source: http://www.nbn.org.il/


 


Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Jika kamu beranggapan bahwa diare yang kamu alami dapat reda dan berhenti dengan sendirinya, cobalah untuk menghilangkan pikiran itu saat hamil. Ingat, selama diare, kamu akan banyak mengeluarkan cairan tubuh yang mengakibatkan risiko dehidrasi. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Itulah sebabnya, pastikan bahwa kamu harus selalu rutin mengonsumsi air putih yang diselang dengan minuman dengan rasa seperti jus untuk mengisi nutrisi, vitamin, serta elektrolit yang hilang saat diare.
 

source: https://huggies.net/


Nah, itulah hal yang harus kamu ketahui untuk menangani diare saat hamil. Semoga bermanfaat, Moms!