1. Masker Pisang Madu
 

source: http://www.perawatankulitwajah212.com/


Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit kusam adalah pisang dan madu. Keduanya merupakan kombinasi tepat untuk mendapatkan kulit yang cerah dan lembut. Kandungan vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C pada pisang mampu mengoptimalkan proses revitalisasi kulit sehingga membuatnya menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan madu berfungsi sebagai pelembap kulit alami. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan madu dengan pisang yang sudah dihancurkan. Oleskan pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas.
 


2. Masker Alpukat dan Yogurt
 

source: http://surabaya.tribunnews.com/


Kedua, bahan alami yang juga berkhasiat untuk mengatasi kulit kusam saat hamil adalah alpukat. Buah ini memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga dapat membuat wajahmu yang kusam lebih cerah dan bercahaya. Selain itu, tambahkan pula yogurt untuk melembabkan serta mengencangkan kulitmu. Cara menggunakan bahan-bahan ini mudah, cukup campurkan jus alpukat dengan satu sendok yogurt tawar. Kemudian tambahkan air perasan dari setengah buah lemon. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
 

baca juga


3. Masker Yogurt dan Lemon
 

source: http://keluargatilljannah.com/


Nah, kalau bahan yang satu ini juga cukup populer digunakan untuk mencerahkan kulit wajah tanpa efek samping berbahaya. Ya, masker dari yogurt dan lemon memang terbukti mampu mengatasi kulit kusam dan gelap jika digunakan dengan rutin. Yogurt dapat berperan dalam mengecilkan pori-pori, mengencangkan wajah serta melembutkan tekstur kulit. Kalau buah lemon dapat bekerja dalam mencerahkan kulit wajah. Untuk membuat masker ini, campurkan satu sendok yogurt tawar dengan air perasan lemon (1 buah). Aduk rata dan oleskan secara menyeluruh pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. 
 


4. Masker Lidah buaya
 

source: http://stylecraze.com/


Terakhir, bahan alami yang juga banyak digunakan untuk mengatasi kulit kusam tanpa membahayakan kandungan adalah lidah buaya. Gel dalam tanaman yang satu ini tidak hanya berkhasiat untuk kecantikan rambut, tetapi juga untuk melembapkan, mencerahkan, serta mengatasi wajah berjerawat. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup dengan mengupas kulit lidah buaya. Ambil gel-nya dan ratakan pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit sambil lakukan pemijatan pada 5 menit pertama agar kandungannya terserap sempurna. Jika sudah, bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin untuk hasil kulit yang cerah dan glowing sempurna.