Bebaskan Anak untuk Berkreasi

Hal pertama yang perlu kamu evaluasi untuk mengoptimalkan perkembangan daya kreativitas anak adalah dengan memberikan anak ruang dalam melakukan segala hal sesukanya selama dalam kaidah moral yang baik. Jangan pernah membatasi anak untuk berbicara, bertanya, dan mengusulkan ide. Fasilitasi anak juga dengan pengetahuan dengan membiasakannya membaca buku karena buku juga merupakan salah satu media yang bisa membuat anak bebas berimajinasi.
 

source: http://dramblys.lt/


 


Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Seringkali anak tidak mau menunjukkan apa yang ia pikirkan dan imajinasikan karena rasa tidak percaya diri yang mengekangnya. Cobalah untuk terus memberikan anak ruang dalam melakukan banyak hal. Jika ia berbuat salah, jangan disalahkan, melainkan arahkan pada yang benar. Dengan begitu, pendidikan akan lebih mengarah pada hal positif dan membangun tanpa membuat anak kehilangan rasa percaya diri.
 

source: http://www.leapfrog.com/


 

baca juga


Biarkan Anak Mengeksplorasi Hal-Hal yang Disukainya

Selanjutnya, fasilitasi anak dengan beragam paparan informasi mengenai bidang-bidang bakat, seperti bahasa, musik, seni, atau olahraga sekalipun. Amati bidang apa yang benar-benar ia minati. Kamu dapat melihat antusias dan rasa ingin tahu yang lebih anak pada satu bidang, meskipun dia belum memperlihatkan keahlian di bidang itu.
 

source: http://www.naturalawakeningsmag.com/


 


Ajak Anak untuk Melakuakan Inovasi Sesuai Minatnya

Lalu, apabila kamu sudah menemukan bakat yang diminati oleh si kecil, cobalah untuk mengajaknya mendalami dengan melakukan inovasi seru. Tidak harus dengan membelikan fasilitas mainan yang canggih seperti alat musik, perlengkapan olahraga, peralatan melukis, atau mainan lainnya. Cukup dengan membuat benda-benda yang menunjang minat dari bahan-bahan yang ada di rumah. Dengan begitu, anak akan terlatih lebih kreatif dan imajinatif dalam menjalani keinginan dan minatnya.
 

source: http://www.art-vision.us/


 

baca juga


Apresiasi Karya Anak

Terakhir, jangan pernah lupa untuk selalu mengapresiasi tiap karya yang dibuat anak. Saat anak menggambar, bermain musik, memasukkan bola ke gawang, ataupun mengucapkan satu bahasa asing, berikan apresiasi dan bentuk rasa bangga. Cara itu akan membuat si kecil terus bersemangat untuk melakukan hal baru untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi atas bakatnya.
 

source: http://www.momtastic.com/


Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengoptimalkan daya kreativitas si kecil. Semoga bermanfaat, Moms!