Bubur atau Buah?

Nah... siapa di antara Moms yang memberikan MPASI pertama berupa bubur? Siapa juga yang memakai buah untuk MPASI pertama bayi? Sebenarnya, kedua jenis makanan ini baik diberikan kepada bayi di awal-awal masa MPASI. Hanya saja, pemberiannya harus disesuaikan dengan kondisi bayi. 



 
source: https://www.blenderrecipes.us
Menurut dr. Tiwi SpA, spesialis anak dari RS Bunda Jakarta, apabila pertumbuhan fisik bayi normal, yang meliputi berat badan dan tinggi badannya normal sesuai usianya, maka tak masalah memberikan MPASI buah di minggu pertama. Namun, jika ternyata bayi lebih kurus, maka sebaiknya berikan MPASI berupa serelia atau bubur. Alasannya karena bubur mengandung lebih banyak kalori untuk mendukung pertumbuhan fisik bayi. Kalau Moms terus-terusan memberikan buah, yang ada malah pertumbuhan bayi stagnan. Berat badannya tidak bertambah dan ketinggalan jauh dari anak-anak seusianya. 

Moms juga bisa menjalankan strategi dengan menyajikan menu MPASIs secara selang-seling. Misalnya selama 3 hari bayi makan bubur, selanjutnya ganti dengan buah ataupun sayur. 
 

Daftar MPASI untuk Bayi 6 Bulan

1. Puree Pisang
Pisang mengadung kalsium dan potasium sehingga baik untuk diberikan kepada bayi sejak MPASI pertama. Moms hanya butuh 1 buah pisang dan ASI. Pisang memiliki rasa manis yang alami yang dijamin akan disukai bayi. Cara membuatnya, kupas pisang, lalu potong kecil-kecil. Campurkan dengan ASI lalu blender. Puree pisang buatan Moms sudah jadi. Simpel banget, kan! 
 
source: https://www.annabelkarmel.com

 
baca juga

2. Bubur Susu

2. Bubur Susu
Bahan-bahannya sangat sederhana Moms, yaitu tepung beras dan ASI. Masak tepung beras dengan air. Setelah masak, angkat dan campur dengan ASI. Tekstur tepung yang sudah halus baik untuk pencernaan bayi. 
 
source: https://www.wikihow.com

 
3. Bubur Jagung Manis
Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik, sehingga cocok diberikan kepada. Pilih jagung manis, pipil dan rebus. Setelah matang, blender dengan campuran ASI. Saring bubur untuk mengeluarkan sisa kulit jagung. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga
4. Puree Alpukat
Puree alpukat juga baik diberikan kepada bayi 6 bulan. Apalagi jika Moms ingin menambah berat badan bayi. Sediakan alpukat mentega, saringan kawat dan ASI. Kerok daging alpukat, lalu haluskan dengan saringan kawat. Setelah itu campurkand dengan ASI. Karena daging buah alpukat sudah lembut, maka Moms tak perlu menggunakan blender ataupun food processor saat membuatnya. 
 
source: https://www.tesco-baby.com

Jadi, mau memberikan bahan makanan yang mana untuk MPASI pertama bayi, Moms? Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan bayi dan berikan secara selang-seling ya!