Mencegah Ruam Popok

Cara terbaik untuk mencegah ruam popok adalah dengan menjaga agar area popok tetap kering dan bersih. Selain itu, beberapa tips berikut dapat membantu mengurangi risiko terjadinya ruam popok: 

1. Sering Mengganti Popok
Segera mengganti popok yang basah dan kotor segera. Jika Moms mempekerjakan seorang nanny, maka ingatkan untuk melakukan hal yang sama ya!

2. Bilas Pantat Bayi dengan Air Hangat
Membilas pantat bayi dengan air hangat perlu dilakukan saat mengganti popoknya. Setelah itu, keringkan dengan kain lembut. Hindari memakai tisu basah yang mengandung alkohol dan permukaannya kasar. Jika ingin membersihkan dengan sabun, pilih jenis sabun yang ringan dan bebas pewangi.

3. Tepuk-tepuk dengan Handuk
Keringkan kulit bayi dengan menggunakan handuk bersih dan lembut atau biarkan kering sendiri. Lakukan dengan menepuk-nepuknya secara perlahan dan bukan menggosok. Menggosok akan  mengiritasi kulit bayi. 
 
source: https://www.parentlane.com/

 

4. Hindari Memasang Popok dengan Ketat
Popok yang ketat akan mencegah aliran udara masuk ke daerah popok, sehingga membuat kulit lembap dan memicu ruam popok. Selain itu, popok yang ketat juga bisa menyebabkan lecet di pinggang atau paha bayi. 

5. Biarkan Bayi Tanpa Popok
Setelah mandi, biarkan bayi untuk tidak memakai popok. Dengan demikian, ia akan merasa lebih nyaman dan kulitnya kering karena terkena udara. 

6. Gunakan Obat Anti-ruam
Sudah banyak produk antiruam popok yang dapat dibeli. Pilih jenis yang aman dan tidak mengiritasi kulit ya, Moms. Aplikasikan pada area yang tertutupi popok saat mengganti popok bayi. 

7. Cuci Tangan
Setiap kali mengganti popok bayi, Moms harus cuci tangan terlebih dahulu. Mencuci tangan dapat mengurangi risiko penyebaran jamur ataupun bakteri ke kulit bayi. 

8. Jangan Memakai Bedak
Banyak orang tua zaman dulu yang selalu memakaikan bedak pada area genital dan pantat bayi. Hmm... hal ini sangat tidak disarankan. Selain mengganggu kulit bayi yang sensitif, bedak juga bisa terhirup paru-paru. 
 
source: https://www.vitacost.com/

 
baca juga

Mengatasi Ruam Popok

Merawat bayi yang telah mengalami ruam popok tidak boleh sembarangan, Moms. Nah, berikut cara mengatasi ruam popok pada bayi: 

1. Biarkan Bayi Tanpa Popok
Ruam popok yang menyebar pada area pantat dan genital bayi, akan membuatnya tidak nyaman dan perih. Untuk itu, berikan waktu bagi bayi untuk tidak memakai popok terlebih dahulu agar bisa bersentuhan langsung dengan udara dan popok tidak menggesek ruam yang sudah meradang. 

2. Berikan Obat Pereda Ruam
Untuk membantu bayi merasa nyaman kembali, aplikasikan obat pereda ruam pada kulit yang meradang. Obat ruam biasanya berbentu salep atau krim. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat yang tepat ya, Moms. 

3. Pakaikan Popok yang Longgar
Saat keluar rumah, pakaikan bayi popok yang longgar agar udah bisa bersikulasi. Selain itu, pertimbangkan untuk memakai popok dengan merek yang berbeda, karena beberapa bayi tidak cocok dengan popok merek tertentu. 

4. Bawa Ke Dokter
Apabila ruam yang dialami bayi sudah sangat parah dan tak kunjung mereda, maka segeralah membawanya ke dokter. Dokter akan memberikan resep pengobatan yang tepat. 
 
source: https://www.mannaplus.co.za

Nah, itu dia cara mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi, Moms. Terapkan tips ini dalam merawat bayi kesayanganmu ya, Moms!