Daging Mentah

Makanan pertama yang dilarang untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil adalah daging mentah. Daging yang disajikan tanpa melalui proses masak ataupun hanya dimasak setengah matang juga harus dihindari oleh para ibu hamil. Hal ini disebabkan karena daging yang tidak termasak secara matang berisiko mengandung virus toksoplasma. Virus ini sangatlah berbahaya karena dapat menginfeksi janin dalam kandungan dan menghambat tumbuh kembangnya. 
 
source: https://www.thespruceeats.com/


 


Telur Mentah

Selanjunya, makanan yang juga dilarang dan sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil adalah telur mentah ataupun segala makanan yang memiliki kandungan telur mentah. Hal ini disebabkan telur mentah berisiko mengandung bakteri salmonella yang berbahaya untuk kandungan. Tidak hanya telur dalam sajian makanan, mayonaise untuk salad, es krim, dan krim kue biasanya mempunyai kandungan dasar telur mentah. Jadi, waspadalah.
 
source: https://www.landolakes.com/


 

baca juga

Sayur Mentah

Sayuran mentah juga masuk dalam deretan makanan yang harus kamu hindari selama hamil. Beragam jenis kecambah sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu sebab kandungan bakterinya sangat berbahaya untuk ibu hamil dan kandungannya. Jadi, cobalah untuk bersabar untuk tidak mengonsumsi salad dan lalapan yang terbuat dari sayuran mentah.
 

source: https://www.dream.co.id/


 


Ikan yang Mengandung Merkuri

Selanjutnya, beberapa jenis ikan juga ternyata dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti misalnya ikan hiu dan ikan todak (swordfish). Tidak hanya itu, konsumsi ikan tuna juga sebaiknya dibatasi selama masa kehamilan. Hal ini disebabkan ikan-ikan tersebut berisiko tinggi mengandung merkuri yang sangat berbahaya karena dapat mengganggu perkembangan sistem saraf pada janin yang berkembang dalam kandungan.
 

source: https://okezone.com/


 

baca juga

Hati

Sajian makanan yang terbuat dari hati memang sangat menggugah selera. Akan tetapi, cobalah untuk menghindarinya selama hamil. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A dalam organ hati yang terlalu tinggi dapat berisiko menghambat kesehatan janin dalam kandungan.
 

source: http://sajiansedap.grid.id/


 


Sajian Produk Susu Tanpa Pasteurisasi

Susu memang sangatlah baik untuk dikonsumsi ibu saat hamil. Akan tetapi, susu yang tidak melalyi proses pasteurisasi ternyata dapat memicu ibu mengalami keracunan makanan. Tidak hanya susu, tetapi juga semua produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Selain itu, ada pula risiko infeksi bakteri listeria yang dapat mengakibatkan gangguan pada kehamilan.
 
source: https://gooddecisions.com/


 


Kopi

Terakhir, asupan kopi juga sebaiknya kamu hindari selama masa kehamilan. Hal ini sebabkan karena kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein ini dapat berbahaya pada janinkarena dapat menyebabkan meningkatnya detak jantung pada janin. Dampak lain yang juga berisiko kamu dapatkan adalah bayi dapat lahir dengan berat badan rendah karena kafein membuat tubuh bayi kekurangan kemampuan untuk menyerap zat besi.
 

source: https://cnn.com/


Itulah beberapa asupan makanan yang harus kamu hindari selama hamil. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih makanan, Moms!