Menyusui 

Menyusui merupakan sebuah kegiatan memberikan ASI (air susu ibu) kepada bayi. Pemberian ASI ini dilakukan secara eksklusif pada 6 bulan pertama kelahiran si kecil. Dilanjutkan dengan pemberian ASI bersama dengan makanan pendamping setelah bayi memasuki usia 6 bulan hingga usia 2 tahun.
 

source: https://babyologist.com/


Cara memberikan ASI pada bayi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu diberikan secara langsung melalui payudara atau menggunakan botol susu. Sebagian ibu sangat mengandalkan cara kedua saat berpergian agar lebih praktis. Akan tetapi, ternyata memberikan ASI secara langsung dapat memberikan manfaat tersendiri, baik itu untuk ibu ataupun untuk bayi. 
 


Manfaat Menyusui Langsung

Bagi kamu yang masih ragu dengan perbedaan menyusui langsung dan tidak langsung, simak kelebihan dan manfaat yang akan kamu rasakan saat menyusui langsung berikut ini:

  • Meningkatkan bonding dan mengoptimalkan quality time antara ibu dan bayi. Saat kamu memutuskan untuk memberikan ASI secara langsung, kamu sedang meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi agar semakin kuat. Saat menyusui langsung, ibu akan mendekap tubuh bayi, dan si kecil akan merasakan kehangatan tubuh ibu. Ditambah lagi dengan mata yang saling bertatapan diiringi dengan belaian dan usapan lembut ibu pada bayi. Jangan lewatkan momen ini yang tidak akan terulang lagi.
source: https://insured.amedadirect.com/


 

baca juga

  • Produksi ASI akan selalu banyak dan memenuhi kebutuhan si kecil. Hal ini penting untuk kamu ketahui bahwa sistem produksi ASI mengikuti permintaan dan kebutuhan ASI si kecil. Apabila si kecil rutin menyusu langsung pada payudara, otomatis produksi ASI akan meningkat dan memenuhi kebutuhannya sehingga jumlah ASI selalu cukup.
source: http://childstudy.ca/


 


  • Tidak perlu repot mengurus alat pompa ASI, botol susu, serta perlengkapan penyimpanan ASI perah. Jika waktunya menyusui, kamu tidak perlu kerepotan harus menyuapkan perlengkapan pompa ASI, botol susu, serta perlengkapan penyimpanan ASI. Apalagi jika ASI menyusu sering, kamu akan merasakan betapa praktisnya memberikan ASI secara langsung tanpa repot membawa beragam perlengkapan.  
source: https://www.ndtv.com/


 

baca juga

  • LDR akan berjalan dengan lebih cepat. Let-down reflex (LDR) merupakan sebuah mekanisme refleks keluarnya ASI dari payudara. Refleks ini berfungsi saat saraf dalam payudara telah terstimulasi. Stimulasi ini dapat terjadi dengan sempurna jika puting ibu mendapatkan hisapan dari bayi secara rutin. Kemudian, saraf ini akan memberi sinyal yang mengeluarkan hormon oksitosin. Sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar.
source: https://meetdoctor.com/


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat memberikan ASI secara langsung. Jadi, masih mau memberikan ASI perah pada si kecil?