Wanita dengan Berat Badan Kurang

Ciri pertama yang dapat diamati dari seorang wanita mandul adalah bentuk tubuh yang terlalu kurus. Hal ini mengindikasi adanya permasalahan hormon yang berdampak pada metabolisme tubuh yang kurang baik. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari makan yang tidak teratur dan kurang bergizi hingga olahraga ekstrim yang berdampak pada rusaknya sistem hormon dalam tubuh. Bahkan pola diet yang tidak sehat juga berakibat pada kacaunya sistem hormon sehingga membuat wanita tidak subur.
 
source: http://lifestyle.bisnis.com/


 


Wanita dengan Berat Badan Berlebih

Tidak hanya wanita dengan berat badan kurang, mereka yang memiliki berat badan berlebih hingga dapat diindikasi menderita obesitas juga dapat mengalami kemandulan. Tubuh yang terlalu gemuk membuat kadar androgen dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Disertai juga dengan produksi insulin yang juga terus meningkat tinggi. Ketidaknormalan dalam sistem hormon inilah yang langsung berdampak pada sistem metabolisme seorang wanita. 
 

source: https://holisticslimming.com/


 

baca juga


Masalah Pada Siklus Menstruasi

Yang ketiga, kamu juga dapat mengamati bagaimana pola dan siklus menstruasi seorang wanita terjadi. Hal ini tentu memiliki pengaruh langsung pada tingkat kesuburannya. Berikut ini adalah beberapa kondisi menstruasi bermasalah yang dapat mengindikasi ketidaksuburan pada wanita:

  1. Menstruasi tidak teratur.
  2. Menstruasi yang menimbulkan rasa sakit berlebihan.
  3. Menstruasi berat dan tidak lancar.
source: http://doktersehat.com/


 


Banyak Rambut yang Rontok

Tidak hanya itu, kondisi rambut wanita yang tidak sehat dengan banyak helaian yang rontok tiap harinya juga mengindikasi tubuh wanita yang tidak subur. Hal ini merupakan perkara yang cukup serius karena rontoknya rambut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pembengkakan kelenjar tiroid yang tidak normal, penyakit autoimun, gejala anemia, hingga produksi androgen yang terlalu tinggi.
 
source: https://viva.co.id/


Nah, itulah beberapa ciri-ciri wanita mandul yang dapat kamu amati sejak dini. Jika kamu melihat adanya beberapa ciri tersebut dalam dirimu, cobalah untuk segera melakukan pemeriksaan. Pengobatan dan tindakan sedini mungkin harus dilakukan jika memang terdapat masalah dalam tubuhmu. Semoga bermanfaat, ya!