1. Muntah

Gejala umum pertama bayi yang alergi susu sapi yakni si kecil akan mengalami muntah seperti gumoh dan mengeluarkan suar 'ngik'. Bunyi 'ngik' ini akibat bayi terkena kesulitan bernafas  sehingga saluran pernafasan memberikan reaksi alergi yang cepat karena pada bagian ini terdapat banyak lendir. 

source: https://gettyimages.com

2. Batuk-batuk

Tak seperti orang dewasa, bayi masih memiliki saluran pernafasan yang sensitif apalagi ketika zat yang terkandung dalam susu sapi masuk ke dalam tubuhnya. Kondisi inilah yang membuat si kecil batuk karena bayi alergi susu sapi. Jenis batuk akibat alergi susu sapi bisa menyebabkan batuk kering atau batuk berdahak. Gejala awalnya bayi akan mengeluarkan suara serak seperti ia sedang kesakitan. Kemudian bayi akan menjadi lebih sering batuk terutama sesaat setelah minum susu formula. 

source: http://shopify.com
baca juga

3. Diare

Tanda bayi alergi susu sapi selanjutnya adalah si kecil akan mengalami diare yang membuat tubuhnya lemah karena kekurangan cairan. Reaksi diare pada bayi ini bahkan bisa terjadi sangat cepat setelah ia minum susu sapi. Kondisi ini terjadi disebabkan karena saluran pencernaan bayi tidak bisa menerima bahan gula alami atau senyawa yang dihasilkan dalam susu sapi. Umumnya, alergi susu sapi akan terjadi hanya sampai anak berusia 4 tahun. Namun jika alergi masih terjadi hingga usia anak 4 tahun, mungkin alergi tersebut akan terjadi hingga dia dewasa. 

source: https://verywellfamily.com

4. Perut Kembung 

Pada kondisi bayi alergi susu sapi, maka kondisi pencernaannya akan terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa menyebabkan perut bayi terasa kembung dan bisa memicu bayi mual atau muntah. Kondisi ini akan pula menyebabkan si kecil tidak bisa buang gas sehingga perut menjadi lebih besar. Hal ini bisa menyebabkan bayi tidak nyaman sehingga akan lebih sering rewel dan tidak mau minum susu lagi. 

source: https://www.womenshealthmag.com