1. Obesitas Pada Anak

Pemberian menu MPASI dengan gula berlebih pada anak bisa menyebabkan si kecil obesitas alias kegemukan. Pola makan tinggi gula berarti ada terlalu banyak kalori, dan bahkan meski bayi aktif, bisa saja jumlahnya melebihi yang dibutuhkan. Semua kalori yang tidak dibakar memicu penambahan berat badan berlebih. Kasihan 'kan, bila si kecil sulit bergerak jika berat badannya terlalu berlebih. 

source: https://freepik.com

2. Kerusakan Gigi

Pemberian gula yang berlebih dan terlalu sering pada bayi akan memicu kerusakan gigi sehingga mudah reges atau terkikis. Pemberian gula pada anak ada baiknya dibatasi dan tidak terlalu sering ya Moms. Alangkah baiknya berikan menu MPASI dengan pemanis yang berasal dari madu atau buah-buahan Moms. Karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat merupakan modal awal untuk kesehatan di masa yang akan datang. Kenalkan juga Si kecil dengan berbagai jenis makanan yang berwarna seperti wortel, tomat, beras merah, bayam, brokoli dan lainnya.

source: https://freepik.com
baca juga

3. Mengganggu Ginjal

Kebutuhan garam pada bayi sebenarnya sudah terpenuhi dari susu maupun sayur atau buah. Jika garam diberikan berlebihan pada bayi, maka akan berisiko menambah beban kerja ginjalnya. Karena fungsi ginjal bayi belum cukup matang untuk menyisihkan kelebihan mineral dalam garam dapur. Tubuh manusia memang membutuhkan mineral natrium, namun tak perlu mengonsumsi khusus garam dapur jika natrium yang terkandung dalam bahan makanan alami sudah mencukupi ya Moms.

source: https://freepik.com

4. Hipertensi

Jika anak sudah sering atau biasa diberikan garam sejak dini, maka akan berisiko mengalami hipertensi ketika dewasa. Selain itu di tahun pertama, sebaiknya anak tidak perlu diberikan garam atau gula sama sekali. Karena sebenarnya pada menu MPASI seperti kacang-kacangan, sayur dan daging telah mengandung kadar gula dan garam yang alami demi mencukupi semua kebutuhan gula dan garam si kecil.

source: https://freepik.com

Itulah sedikit penjelasan mengenai pemberian gula dan garam serta kebutuhannya pada menu MPASI bayi. Semoga bermanafaat.