1. Retina Lepas

Retina manusia terdiri dari 2 macam, yaitu tipis dan juga tebal. Retina yang tipis akan membuat ibu hamil mengalami retina robek saat melahirkan normal. Jadi Moms wajib berhati-hati jika proses kehamilan pada usia di atas 40 tahun dan memiliki mata minus. Selain bisa mengalami komplikasi kehamilan, risiko retina robek pun bisa terjadi. 

source: http://www.ahlinyapenyakitmata.web.id

2. Ablasio Retina

Ablasi retina (ablasio retina/ retina ablation) adalah lepasnya retina dari jaringan penopangnya. Ablasi retina harus segera ditanggulangi supaya kita dapat mempertahankan penglihatan kita sampai usia lanjut. Ibu hamil yang memiliki mata minus dan melahirkan dengan normal biasanya bisa terkena ablasio retina. Ablasio retina itu bisa menyerang ibu hamil yang mengalami preeklamsia (hipertensi dalam kehamilan).

source: https://mediskus.com
baca juga

3. Peradangan Mata

Ibu hamil dengan mata minus yang ingin melahirkan normal, terutama dengan mata minus di atas 5 atau 6 dioptri rentan untuk terkena peradangan mata. Oleh sebab itu bagi ibu hamil yang memiliki mata minus di atas 5 disarankan untuk melakukan operasi caesar karena untuk proses persalinannya sendiri berlangsung cepat, tidak sakit, dan aman bagi ibu dan bayinya.

source: https://telegraph.co.uk

4. Syaraf Mata Rusak

Risiko berat yang bisa saja terjadi pada ibu hamil dengan mata minus dan melakukan persalinan secara normal adalah rusaknya syaraf mata. Jika syaraf mata tersebut rusak maka penglihatan bisa terganggu atau bahkan kemampuan untuk melihat hilang sama sekali saat melahirkan dengan secara normal. Oleh karena itu disarankan bagi Moms yang merencanakan persalinan normal, diharapkan untuk berlatih proses mengejan dengan cara yang baik dan benar.

source: https://www.todaysparent.com

Itulah beberapa risiko melahirkan normal bagi ibu hamil dengan mata minus. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter Moms untuk proses persalinan terbaik, ya.