1. Extended Side Angle Pose

Gerakan atau pose yoga ibu hamil ini bisa dilakukan untuk meregangkan tubuh setelah duduk lama. Cara melakukannya cukup mudah, dengan dimulai dari posisi berdiri tegak. Lebarkan kaki, lalu tekuk lutut sebelah kiri, sambil mengangkat tangan kanan di kepala. Lengan harus sejajar dengan kaki. Saat melakukan gerakan ini, posisi kaki Moms harus kuat. Lakukan gerakan yang sama di sisi sebaliknya. 
source: https://www.huffingtonpost.com

 

2. Triangle Pose

Gerakan yoga ibu hamil yang wajib dikuasai selanjutnya yaitu triangle pose. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih kaki, menguatkan pinggul dan meregangnya tubuh bagian samping. Langkah pertama dimulai dengan berdiri tegak, kemudian rentangkan kaki hingga berjarak satu meter satu sama lain. Setelah itu, perlahan-lahan arahkan telapak kaki kanan ke luar tubuh dan telapak kaki kiri ke dalam tubuh.

Selanjutnya, condongkan tubuh ke arah kanan diikuti dengan mengangakat tangan kiri ke atas. Posisi kepala menghadap ke atas. Letakkan tangan kanan pada kaki kanan. Hitung sampai 30 detik dan lakukan gerakan yang sama di sisi lainnya. 

 
source: https://www.huffingtonpost.com

 
baca juga

3. Sitting Side Stretch

Poses yoga sitting side stretch sangat cocok dilakukan saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Pose ini dapat membantu meregangkan pinggul sehingga membantu bayi bergerak ke jalan lahir. Duduklah tegak, lipat kaki kiri ke arah dalam, sementara kaki kanan seperti posisi setengah split. Tangan kanan memegang pergelangan kaki kanan, dan tangan kiri diangkat di atas kepala, sembari mencondongkan badan. Tahan pose ini selama 30 detik, sebelum melakukannya di sisi yang berlawanan. 
 
source: https://www.huffingtonpost.com

4. Cat-Cow Pose

Sakit punggung selama hamil dirasakan oleh banyak ibu hamil. Untuk meminimalisir rasa sakit ini, maka lakukanlah Cat-Cow Pose. Untuk melakukan gerakan ini, letakkan kedua tangan dan lutut di lantai dengan posisi kepala menunduk ke lantai. Angkat perlahan kepala hingga menatap langit-langit dan secara bersamaan lengkungkan punggung hingga membentuk huruf U.

Turunkan lagi kepala sampai menatap lantai dan secara bersamaan lengkungkan punggung hingga menyerupai bentuk huruf n. Tahan posisi ini dengan hitungan 3-5 tarikan nafas. Cat-Cow Pose bermanfaat untuk membantu melenturkan otot tubuh bagian belakang dan menguatkan otot pinggang dan pinggul. 
 
source: https://www.huffingtonpost.com

Itu dia beberapa gerakan yoga yang wajib dikuasai ibu hamil. Praktekkan di rumah yuk!