1. Puree Wortel

Wortel adalah sayur serbaguna. Selain bisa diolah menjadi MPASI tanpa campuran apapun, ibu juga dapat mencampur wortel dengan sayur lainnya, buah dan aneka sumber karbohidrat serta daging. Untuk membuat puree wortel yang lezat, maka pilih wortel segar dengan warna oranye terang. Kupas dan potong kecil-kecil, lalu rebus selama 3 menit saja. Selanjutnya, haluskan wortel dengan blender atau food processor. Campur dengan ASI sebelum diberikan kepada bayi. Dijamin cara membuat puree wortel ini tak makan banyak waktu, Moms! 
 
source: https://www.youtube.com/

 

2. Puree Ubi

MPASI 6 bulan berikutnya yang bisa disajikan dengan cepat adalah puree ubi. Ubi memiliki rasa manis alami dan teksturnya halus saat dicampur dengan ASI. Selain itu, ubi cukup mudah didapatkan. Sebelum mengolahnya, cuci dan kupas ubi terlebih dahulu. Potong kecil-kecil sebelum direbus. Setelah matang, dinginkan ubi dan haluskan dengan blender. Terakhir, campurkan dengan ASI. 
 
source: https://www.babble.com

 
baca juga

3. Bubur Susu

Ini dia menu MPASI yang gampang dan cepat sekali dibuat. Bahan-bahannya pun sangat sederhana, seperti tepung beras dan ASI. Masak tepung dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan di mangkuk, lalu tambahkan ASI. MPASI untuk bayi sudah bisa disajikan. Simpel banget kan, Moms. Kalau ingin lebih sehat, sebaiknya Moms membuat tepung beras sendiri dan simpan sebagai stok untuk dibuat lagi di hari berikutnya. 

 
source: https://www.thevintagemixer.com

 

4. Puree Jagung Manis

Yuk, coba variasikan menu MPASI 6 bulan dengan membuat puree jagung manis. Cara buatnya gampang banget, Moms. Sediakan 100 gram jagung manis pipil dan 100 ml ASI. Kukus pipilan jagung manis sampai lunak. Campur dengan ASI, kemudian blender. Saring untuk menghilangkan kulit biji jagung yang masih tersisa sebelum memberikannya kepada bayi. Pembuatannya super cepat, 'kan! 

 
source: https://www.annabelkarmel.com

Sebenarnya masih banyak MPASI 6 bulan yang mudah dan cepat dibuat. Lebih baik meluangkan sedikit waktu untuk membuat MPASI di rumah, daripada membeli MPASI instan. Selamat bereksperimen ya!