Usia Menstruasi Pertama

Anak perempuan biasanya mulai mengalami pubertas antara usia 8 dan 13 tahun. Ciri-ciri anak memasuki usia puber dapat dilihat dari perubahan fisik dan mentalnya. Payudara anak mulai tumbuh, dan kadang emosinya mudah naik turun. Sekitar 2 tahun setelah payudara berubah, biasanya anak akan mendapatkan menstruasi pertamanya atau disebut menarche. 

Dulu menstruasi pertama anak perempuan dimulai di usia 12 dan 13 tahun. Di masa sekarang, ada anak yang mendapat menstruasi lebih cepat, yaitu di usia 10 ataupun 11 tahun. Semua tergantung pada erkembangan dan kematangan sistem reproduksi masing-masing anak. Tanda-tanda si putri akan mendapat menstruasi pertama sebenarnya sudah terlihat 6 bulan sebelumnya. Anak lebih dulu mengalami keputihan atau cairang bening yang ditemukan di celana dalam. 
 
source: https://www.quickanddirtytips.com

 

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi biasaya terjadi selama kurang lebih 4 minggu. Dihitung mulai dari hari pertama menstruasi, sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi normalnya selama 28 hari, namun ada juga yang sampai 24, 30 bahkan 32 hari. Menstruasi biasanya dilalami selama satu minggu, di mana 2-3 hari menstruasi relatif berat dan mengeluarkan cairan pekat dan banyak. Selanjutnya 2-4 hari tergolong ringan, yang keluar berupa flek. 

Lantas, cairan apa yang keluar selama periode menstruasi? Apakah semuanya darah atau ada cairan lainnya? Nah, ternyata selama menstruasi, yang dikeluarkan adalah jaringan lapisan rahim dan darah. 
 
source: https://truestressmanagement.com

 
baca juga

Apa yang Dirasakan Selama Menstruasi?

Beberapa hari sebelum menstruasi, biasanya anak putri mengalami ketidaknyamanan fisik dan perubahan mood. Hal inilah yang disebut Premenstrual Syndrom atau PMS. Kadang anak merasa sedih atau mudah tersinggung selama beberapa hari atau minggu sebelum menstruasi. Ada juga yang lebih cepat marah daripada biasanya bahkan menangis.

PMS terkait dengan perubahan hormon tubuh. Kadar hormon naik dan turun selama siklus menstruasi  dapat memengaruhi emosi maupun fisik seseorang. Perubahan fisik yang terjadi di antaranya payudara membengkak dan sakit, perut terasa kembung, dan nyeri di beberapa bagian tubuh. PMS mereda saat menstruasi dimulai. 
 
source: https://innovativegyn.com

 

Penggunaan Pembalut

Jika melihat tanda-tanda anak akan mendapatkan menstruasi, maka segeralah mengajak anak mengobrol tentang menstruasi, Moms. Awalnya anak mungkin merasa malu ketika berbicara terbuka tentang apa yang dirasakannya, namun sudah tugas Moms untuk membimbing anak. 
Ajarkan pula tentang bagaimana menggunakan pembalut yang benar sehingga tidak mudah bocor. 
Selain itu, tegaskan kepada anak untuk menjaga diri lebih baik lagi agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. 
 
source: https://connectnigeria.com

Itu dia beberapa informasi tentang menstruasi pertama anak putri. Bantulah anak saat mendapatkan menstruasi pertamanya ya!