Kista yang Berbahaya dan Tidak Berbahaya

Ada 2 macam kista, yaitu yang berbahaya dan yang tidak mengganggu kehamilan. Untuk mengetahui apakah kista yang diderita seseorang berbahaya atau tidak, maka harus diperiksakan dan dipantau oleh dokter. Kista tidak berbahaya dan tidak mengganggu kehamilan, apabila selama pantauan kista mengecil, tidak membesar atau ukurannya menetap. Kista yang kecil kadang akan dibiarkan karena tidak menggangu pertumbuhan janin. 

Sementara, kista yang membesar dan ukurannya di atas 5 cm, patut diwaspadai karena berisiko mengganggu pertumbuhan janin. Ibu mungkin akan sering merasa nyeri akibat kista yang terhimpit dengan organ lain. Selain itu, oksigen dan bahan-bahan makanan untuk menyuplai perkembangan janin bisa terhambat akibat pembuluh darah terdesak oleh kista. 
 

source: https://www.netmums.com
Risiko yang bisa terjadi jika memiliki kista selama kehamilan adalah kista pecah atau terpuntir. Jika hal ini sampai terjadi, maka harus dilakukan operasi untuk mengeluarkan kistanya. Biasanya terjadi di kehamilan awal. Setelah diangkat, ibu tetap bisa melanjutkan kehamilan hingga persalinan tiba. 

 

Bisakah Melahirkan Normal dengan Kista? 
Ibu hamil dengan kista tetap bisa melahirkan normal, karena letak kista berbeda dengan letak bayi. Letak kista di indung telur yang berada di sebelah kanan dan kiri rahim. Namun, bisa melahirkan normal atau tidak juga tergantung pada ukuran kista. Jika ukurannya kecil yakni 2-3 cm dan tidak ganas, maka persalinan normal bisa tetap dilajutkan. 
 
source: http://cuppycakesmore.blogspot.co.id

Sementara untuk kista dengan ukuran besar, Moms dianjurkan untuk melakukan operasi sesar untuk meminimalisasi terjadinya masalah atau hambatan selama persalinan. 
 
baca juga

Apakah Kista Bisa Keluar Bersama Bayi?

Jawabannya adalah tidak. Tidak benar jika kista ikut keluar ketika bayi dilahirkan. Satu-satunya cara mengangkat kista adalah dengan cara operasi. Apabila ibu menghadapi kondisi harus melahirkan lewat operasi sesar, maka kista bisa sekalian diangkat saat itu juga. 
 
source: https://health.howstuffworks.com

Untuk itu, Moms tidak perlu takut karena tidak semua kista berbahaya! Meski begitu, jangan sampai terkena kista ya, Moms. Cara mencegah kista tumbuh, salah satunya dengan menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat!