Usia 1-4 Minggu

Tidak sedikit ibu yang merasa cemas karena 1 atau 2 minggu setelah lahir, berat badan bayi malah berkurang sedikit. Ternyata hal ini normal lho, Moms. Jadi, rata-rata bayi lahir dengan ekstra cairan. Beberapa hari setelah lahir, biasanya berat bayi drop 7 hingga 10 persen. Setelah 2 minggu, berat badan bayi akan kembali normal. Misalnya si kecil lahir dengan berat 3500 gram, maka beberapa hari setelah lahir beratnya turun menjadi 3150 gram. Dua minggu setelahnya akan kembali menjadi 3500 gram atau malah lebih. 
 
source: https://www.happiestbaby.com

 

Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi berbeda-beda, namun rata-rata bayi yang berkembang normal tingginya akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulan, hingga ia berusia 6 bulan. Sementara untuk berat badannya bertambah sekitar 5 sampai 7 ons setiap minggu. Kalau bayi lancar minum ASI, maka berat badannya juga bertambah dengan lebih cepat. 

Usia 2 Bulan
Idealnya, berat badan bayi harus bertambah setiap minggu. Kalau ternyata berat badan bayi stagnan, maka Moms perlu mengamati apakah selama ini bayi lancar minum ASI atau tidak. Berkonsultasilah dengan ahli laktasi mengenai cara menyusui yang benar ya, Moms! 
 
source: http://www.zliving.com

 
baca juga

Usia 3 Bulan

Di usia ini pertambahan berat badan bayi sudah mencapai angka yang stabil yaitu naik sekitar 6 ons setiap minggunya. Yang artinya pertambahan berat badan bayi di usia 3 bulan wajib naik sekitar 900 gram. 

Usia 4 dan 5 Bulan
Biasanya di usia 4 bulan bayi akan memperlihatkan tanda-tanda sudah siap makan. Tanda-tanda itu seperti bayi sudah bisa mengangkat kepalanya, bisa duduk sambil tetap dipegang dan tertarik pada makanan. Kalau si bayi belum memiliki tanda-tanda ini, maka jangan buru-buru memberinya makan, melainkan tunggu hingga ia benar-benar siap. 

Memasuki usia 5 bulan, berat badan bayi yang normal adalah 2 kali berat badan saat lahir. Misalnya saat lahir beratnya 3500 gram, maka di usia 5 bulan, berat bayi sekitar 7000 gram. 
 
source: http://metro.co.uk

 

Usia 6 dan 7 Bulan

Dimulai usia 6 bulan, berat badan bayi bertambah 3-5 ons setiap minggu. Di usia ini bayi juga sudah bisa diberikan makanan padat atau MPASI dengan tekstur halus. Sementara di usia 7 bulan, bertambah sekitar 900 gram setiap bulan. Makanan yang diberikan kepada bayi bisa berupa sayur, daging dan buah-buahan. 

Usia 8, 9 dan 10 Bulan
Di usia 8 dan 9 bulan, berat badan bayi akan akan bertambah beberapa ons setiap minggunya. Namun di usia 10 bulan, pertambahan berat bayi akan melambat. Hal ini disebabkan bayi sudah melakukan banyak hal seperti merayap, merangkak, duduk, mencoba berdiri yang semuanya membutuhkan kalori yang besar.
 
source: https://uspstrackingtool.com

 
baca juga

Usia 11 dan 12 Bulan

Beberapa bulan sebelum memasuki ulang tahunnya yang pertama, Moms mungkin akan merasa sedikit kewalahan menggendong bayi karena bobot badannya makin berat. Jadi, di usia 11 menuju 12 bulan, berat badan bayi normal bertambah 3 kali dari beratnya saat lahir. Jika si kecil mencapai berat ini saat ulang tahun pertamanya, maka kamu telah sukses memantau perkembangan bayimu selama ini. 
 
source: https://www.babycenter.com

Itulah tahapan perkembangan bayi dalam berat badannya. Semoga bermanfaat ya Moms!