Jerawat Remaja VS Jerawat Dewasa

Pada dasarnya, jerawat yang muncul pada remaja dan orang dewasa memiliki penyebab yang sama. Umumnya, kedua jenis jerawat ini muncul akibat adanya fluktuasi dan perubahan hormon yang cukup signifikan. Akan tetapi, penyebab perubahan hormon yang terjadi pada remaja dan dewasa cenderung berbeda. 
 

source: https://mybeautybunny.com/


Jerawat Pada Anak Remaja
 

source: https://www.acnease.com/


Pada remaja, biasanya meningkatnya hormon pertumbuhan, IGF-1 dan testosterone (termasuk juga pada perempuan) mengakibatkan dampak pada perubahan bentuk tubuh serta produksi sebum yang nantinya kan memunculkan jerawat pada kulit. Selain itu, tekanan dan stress akibat banyaknya tugas sekolah juga sering dianggap mengubah kerja hormon yang juga mempengaruhi sebum pada kulit.
 

baca juga


Jerawat Pada Orang Dewasa
 

source: https://nbcnews.com/


Nah, kalau jerawat pada orang dewasa biasanya muncul akibat adanya kesalahan dalam pola makan dan gaya hidup seseorang, khususnya bagi kamu yang secara genetik memang memiliki keturunan mudah berjerawat. Jangan heran jika saat mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti misalnya susu, akan terjadi peningkatan hormon IGF-1 dan testosterone di dalam tubuh. Itulah yang nantinya menyebabkan munculnya jerawat pada kulit orang dewasa. 
 

source: https://www.marieveronique.com/


Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui mengenai perbedaan penyebab munculnya jerawat pada kulit remaja dan orang dewasa. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan perawatan kulit dengan menggunakan produk skincare ataupun bahan-bahan alami. Jika semakin parah, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter kulit dan melakukan konsultasi mengenai masalah yang kamu alami. Semoga bermanfaat, ya!