Bayi Berkeringat
 

source: http://milliyet.com.tr/


Berdasarkan hasil penelitian, pakar kesehatan memang menyebutkan bahwa bayi baru lahir memiliki kelenjar keringat yang masih belum optimal dan berfungsi dengan baik, khususnya kelenjar keringat pada bagian kepala. Ini ditandai dengan respon yang ditunjukkan oleh kulit bayi ketika merasakan suhu yang panas, kelenjar keringat akan langsung mengeluarkan banyak keringat. Apalagi mengingat bayi baru lahir belum mampu untuk banyak bergerak, posisi yang cenderung diam akan membuat suhu menjadi lebih panas dan lebih banyak lagi berkeringat. 
 


Berkeringat Saat Menyusu
 

source: https://www.metroparent.com/


Nah, saat bayi sedang menyusu, posisi kepala juga akan mengakibatkan produksi keringat pada bagian atas tubuh bayi. Hal ini dikarenakan posisinya yang berada di dekat area lipatan tangan ibu dengan posisi tubuh yang dipeluk. Tentu panas dari tubuh ibu akan terpapar pada bayi sehingga membuatnya menjadi mudah berkeringat. 
 

baca juga


Membedakan Panas Tubuh Berkeringat dan Demam
 

source: http://www.littlemissmomma.com/


Yang kerap kali menimbulkan kekhawatiran dari para ibu adalah keringat bayi yang mengindikasikan bayi sedang demam atau sakit. Karena bayi yang berkeringat saat menyusu cenderung memiliki suhu tubuh yang juga di atas rata-rata. Nah, untuk membedakannya, kamu dapat memeriksa suhu kepala bayi, terutama pada bagian pipi dan bagian bawah dagu. Apablia suhu pada bagian tersebut terasa panas, segeralah untuk memeriksakan si kecil ke dokter. Akan tetapi, jika bagian tersebut cenderung biasa dan ketika dibawa ke tempat sejuk bayi menjadi biasa saja, bisa dipastikan si kecil tidak apa-apa.
 

source: http://www.newkidscenter.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai keringat yang dihasilkan bayi saat menyusu. Jadi, Moms tidak perlu khawatir lagi, ya!