Ngidam Pada Ibu Hamil
 

source: https://www.pinterest.com/


Tahukah kamu bahwa sebenarnya tidak ada penjelasan ilmiah yang membuktikan bahwa ibu hamil dapat mengalami ngidam. Akan tetapi, ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa keinginan seorang ibu hamil muncul disebabkan karena tubuh ibu hamil memberikan impuls bahwa ia sedang membutuhkan nutrisi tertentu. Misalnya, saat ibu hamil yang ngidam makanan dengan kandungan buah-buahan, ada kemungkinan bahwa sang ibu sedang membutuhkan asupan vitamin, mineral, dan serat. 

Dengan kata lain, bukan makanan yang pada dasarnya dibutuhkan, tetapi asupan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berbeda jika sang ibu mengidamkan sesuatu hal-hal yang tidak dapat dimakan. Ada kemungkinan sang ibu mengalami kekurangan zat besi. Meskipun begitu, ada pula penelitian yang tidak menemukan korelasi antara ngidam dan kebutuhan gizi ibu. Itulah sebabnya ngidam ibu hamil masih dianggap kontroversi.
 


Mitos Bayi Ngiler
 

source: https://tabloidbintang.com/


Nah, kondisi ngidam ini diikuti oleh mitos-mitos seputar kehamilan. Misalnya, jika ngidam tidak dipenuhi, bayi yang lahir akan mengeluarkan air liur secara terus menerus. Ada lagi lagi yang mengatakan bahwa jika ibu hamil yang menginginkan perutnya dielus oleh seseorang, kelak bayi yang lahir akan mirip dengan orang tersebut. Yang pasti, semua ini hanyalah mitos belaka. 

Jika memang hanya mitos, apakah ngidam ibu hamil harus dipenuhi? Untuk menghadapi hal ini kamu perlu mengetahui kondisimu dengan baik. Misalnya, jika yang diinginkan ibu hamil memang baik untuk kesehatan diri dan kandungannya, tidak ada salahnya untuk mengikuti semua keinginan sang ibu. Namun berbeda jika keinginannya ternyata berbahaya untuk kandungannya.
 

baca juga


Trik Menghadapi Ibu Hamil yang Ngidam
 

source: https://www.guesehat.com/


Terakhir, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi ngidam ibu hamil yang ternyata tidak baik untuk kesehatan sang ibu.

  • Jika ibu mengalami ngidam makanan dengan kandungan tinggi lemak, kamu dapat mencari makanan serupa dengan kandungan lemak rendah. Kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah atau mencari penjual yang memproduksi versi aman untuk ibu hamil.
  • Perbanyak melakukan aktivitas bermanfaat seperti membaca buku seputar kehamilan dari sumber terpercaya sehingga tidak muncul keinginan ngidam yang aneh dan berlebihan.
source: https://babyologist.com/


Nah, itulah beberapa hal seputar ngidam pada ibu hamil yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Moms!