1. Menuruti Semua Keinginan Anak 

Suatu hal yang wajar jika Moms ingin membahagiakan sang buah hati. Namun bukan berarti kamu bisa menuruti semua keinginan anak, seperti membelikan apapun yang diminta. Justru jika Moms terus-menerus menurutinya, secara tidak langsung kamu akan membuat dia manja dan menganggap semua hal mudah untuk didapat. 
 

source: https://www.freepik.com

2. Memberikan Les/Kursus Terlalu Banyak

Bisa mendidik anak hingga ia tumbuh menjadi anak yang pintar tentunya impian semua orang tua. Namun bukan berarti menyibukkan ia dengan segudang kegiatan belajar seperti kursus pelajaran dalam jumlah banyak. Ingat Moms, bagaimanapun anak-anak harus punya waktu bermain yang cukup agar ia tidak merasa stres. Ada baiknya berikan ia waktu untuk libur dari aktivitas seperti les atau kursus untuk dia bersosialisasi dengan teman-temannya. 
 

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Mengatur dan Memberi Batasan Berlebihan

Hal paling umum yang dilakukan orang tua saat mendidik anak adalah mengatur dan memberi batasan yang berlebihan. Pada umumnya orang tua akan memberikan hukuman jika anak berbuat salah agar ia menjadi anak yang disiplin. Nah, hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho Moms, karena justru ini bisa membuat si kecil menjadi pribadi yang keras dan tertutup. Selain itu ia tidak akan leluasa mengungkapkan perasaannya karena selalu dihantui dengan rasa takut. 
 

source: https://www.freepik.com

4. Menakut-nakuti Secara Berlebihan 

Ini adalah cara yang paling umum dan sering dilakukan para orang tua untuk membuat anaknya diam saat ia rewel atau menangis. Sebaiknya stop cara ini ya Moms! Hal ini justru bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang penakut, dan saat besar nanti ia tidak akan berani menghadapi sesuatu yang berat atau besar baginya. 
 

source: https://www.freepik.com

Nah, itulah 4 kesalahan umum yang banyak dilakukan orang tua dalam mendidik anak. Yuk Moms mulai perhatikan lagi pola asuh dan didik Moms, agar perkembangan dan pendidikan anak tidak melenceng ke arah yang salah, ya!