1. Permainan Jamuran

Jamuran merupakan permainan yang berasal dari Jawa Timur. Permainan tradisional anak ini dimainkan oleh anak perempuan dan laki-laki, jamuran biasanya dimainkan pada saat sore hari di halaman, lapangan atau tempat yang memiliki cukup luas untuk bermain permainan ini. 

Cara memainkan permainan ini tidak terlalu rumit, karena untuk bermain permainan ini kamu tidak perlu menggunakan alat dan benda apapun sebagai sarat dari permainan cukup dengan pemain minimal 8 atau lebih, semakin banyak semakin seru. Tentukan pemain yang dijadikan sebagai Jamur, cara nya bisa dengan hompimpah, setelah itu bentuklah lingkaran dan jamur berada di tengah-tengah lingkaran. Pemain lainnya berjalan mengelilingi jamur sambil bernyanyi dan bertepuk tangan mengikuti irama.

source: https://azzamaviero.com

2. Permainan Patil Lele

Patil lele adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menngunakan tongkat, dalam permainan nya patil lele terbentuk menjadi 2 tim, satu tim jaga dan tim main, terdapat satu tongkat kayu sepanjang sejengkal tangan untuk dipukul dengan tongkat, untuk tim yang bermain pertama- tama membuat lubang yang akan digunakan untuk meletak kan tongak yang berukuran kecil, aturan pertama setelah tongak kecil diletakkan di atas lubang, tim yang main harus melempar tongkat kecil dengan menggunaka tongkat yang lebih besar tanpa menyentuh tongkat kecilnya, dan tim yang jaga harus berusaha menangkap, jika tangkapan menggunakan satu tangan maka tim yang jaga menang langsung, dan jika menggunakan 2 tangan sebanyak 3 kali maka tim jaga juga harus main (tangkapan hanya berlaku tiap babak).

Setelah stick dipukul maka tim jaga harus melempar stick ke arah tim main dan tim main harus bisa memukulnya, jika tidak terpukul maka harus di ulang sampai tim main mendapat pukulan, usahakan untuk tim main memukul stick sekeras-kerasnya, jika sudah dipukul, tim main harus menghitung jarak antara letak jatuhnya stick dengan lubang dengan menggunakan tongkat pemukul. Jumlah nilai dihitung dari jarak antara lubang dan lokasi stick jatuh.

source: https://azzamaviero.com
baca juga

3. Permainan Nekeran 

Nekeran adalah sebuah benda yang terbuat dari semacam kaca, berbentuk bulat dan memiliki diameter yang tidak besar dan kecil, nekeran juga dikenal dengan kelereng. Permainan ini menjadi permainan favorit anak laki-laki dan menjadi permainan tradisional Jawa Timur.

Permainan tradisional anak nekeran ini dimainkan oleh dua atau lebih orang, semakin banyak pemain akan semakin seru untuk bermain permainan yang satu ini. Sekarang sudah jarang ditemukan anak-anak yang bermain permainan ini, karena dulu saja setiap permainan ada musimnya dan waktunya.

source: https://azzamaviero.com

4. Permainan Gobak Sodor

Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. 

source: http://srimartani.bantulkab.go.id

Itu dia beberapa permainan tradisional asal Jawa Timur yang bisa Moms ajarkan pada anak. Ajaklah anak bermain bersama-sama dengan Dads dan saudara-saudaranya pada akhir pekan, agar permainan jadi lebih seru dan ramai. Selamat bermain!