Varises Setelah Melahirkan
 

source: http://www.plus-saine-la-vie.com/


Kemunculan varises pasca melahirkan kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu. Selain itu, varises ini juga akan mengganggu tampilan kulitmu yang pada awalnya mulus menjadi banyak kerutan dan bergelombang akibat adanya pelebaran pembuluh darah vena di area bawah kulit. Ditambah lagi dengan rasa pegal yang mudah sekali muncul.

 


Penyebab Varises Setelah Melahirkan

Pada dasarnya, kemunculan varises pada kulit-kulit kaki ibu yang baru saja hamil dan melahirkan adalah hal yang biasa terjadi. Keberadaannya pun dapat hilang dengan sendirinya, meskipun ada pula yang merasakan hal sebaliknya. Varises pada kaki bertambah parah ketika sudah memasuki 3-4 bulan usai melahirkan. namun ada pula yang malah bertambah parah hingga 3-4 bulan (atau lebih lama dari itu) setelah melahirkan.
 

source: https://vitamin-resource.com/


Varises ini muncul akibat ukuran rahim yang membesar menekan pembuluh darah aliran balik dari kaki ke jantung. Aliran yang tertekan ini akan mengakibatkan adanya penghambatan aliran shingga terjadi bendungan, yang pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah yang menjadi melebar. Kemudian, dilanjutkan karena proses persalinan yang menyebabkan tekanan darah menjadi semakin kuat dan memperbesar terjadinya pembesaran pembuluh darah. 
 

baca juga


Faktor Yang Meningkatkan Risiko Varises Setelah Melahirkan

1. Faktor Genetik
Perhatikan ibu dan nenekmu. Apabila mereka mengalami varises setelah hamil dan melahirkan, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

2. Adanya Kerusakan Pembuluh Darah Saat Hamil
Jika pembuluh darah saat hamil mengalami kerusakan akibat terhambat alirannya, maka dipastikan kamu akan mendapatkan varises pasca melahirkan nanti.

3. Melahirkan Lebih Dari Satu Kali
Semakin banyak ibu melahirkan, maka akan semakin banyak dan tinggi risiko varises yang dialami oleh ibu.

4. Terlalu Lama Berdiri
Hindari berdiri terlalu lama, apalagi jika harus menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya varises.

5. Obesitas
Tubuh dengan berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko terjadinya varises. Kaki yang harus menahan tekanan beban berat dapat menghambat aliran pembuluh vena untuk bisa kembali ke ukuran semula.
 

source: http://vital.az/


 


Cara Mencegah Munculnya Varises Setelah Melahirkan

Jika kamu tidak ingin mendapatkan kaki yang penuh dengan gelombang pembengkakan pembuluh darah, ada baiknya kamu segera melakukan beberapa cara untuk dapat mencegah munculnya varises, seperti diantaranya :

1. Rajin Mengangkat Kaki
Jika orang tua zaman dulu sering menganjurkan ibu hamil untuk mengangkat kakinya saat tidur, hal tersebut ternyata cukup disarankan untuk dilakukan. Dengan kamu memposisikan kaki lebih tinggi dari tubuh, tekanan pada pembuluh darah balik di kaki dapat lebih kecil sehingga mengatasi pembengkakan pembuluh darah. Hindari berdiri terlalu lama dan jangan duduk menyila.

2. Lakukan Olahraga Teratur
Bukan masalah jika kamu tidak bisa melakukan olahraga secara intens sesaat setelah melahirkan. Akan tetapi, kamu dapat mengupayakan aktivitas yang memperlancar peredaran darah seperti berjalan pagi dan sore.

3. Gunakan Stocking Kaki Khusus
Belilah stocking kompresi khusus dengan bahan yang relatif lebih tebal dari stocking biasa. Ketatnya stocking ini dapat meminimalisir rasa tidak nyaman yang ada akibat munculnya varises pasca melahirkan. 
 

source: https://www.livestrong.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk mencegah munculnya varises di kaki setelah melahirkan. Selamat mencoba, ya!